Banyak Pengusaha Beralih ke Tenaga Non Manusia, Begini Solusi yang Ditawarkan Kadin Balikpapan

Pandemi Virus Corona ( covid-19 ) berdampak pada setiap lini bisnis. Banyak perusahaan yang terpaksa mengambil langkah drastis demi menekan biaya kar

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Ketua Kamar Dagang dan Industri, Yaser Arafat mengatakan penggunaan teknologi memiliki plus minusnya. Meski begitu, penggunaan tanpa tenaga manusia belum terlalu signifikan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pandemi Virus Corona ( covid-19 ) berdampak pada setiap lini bisnis.

Banyak perusahaan yang terpaksa mengambil langkah drastis demi menekan biaya karena bisnisnya tak dapat beroperasi normal atau bahkan berhenti sepenuhnya.

Bagi perusahaan yang masih dapat melanjutkan operasionalnya, meski tidak maksimal, sebisa mungkin menghindari pemutusan hubungan kerja atau PHK karyawan dan berusaha melalui pandemi dengan merumahkan dan melakukan pemotongan gaji karyawannya.

Namun bagi perusahaan yang operasionalnya berhenti total, tidak hanya merumahkan dan memotong gaji, mereka juga terpaksa mem-PHK sebagian karyawannya.

Imbasnya angka pengangguran dan kemiskinan semakin bertambah. Untuk menyelamatkan bisnis, perusahaan atau Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) banyak mengurangi penggunaan tenaga manusia dan menggantinya dengan teknologi yang dianggap lebih efisien.

Baca juga: Nenek Kamtin Sembuh, Berikut Kisah Perjuangan Nenek 105 Tahun Lawan Covid-19, Ini Rahasianya

Baca juga: Surabaya Zona Hitam Sebaran Covid-19 Jatim, Update Jumlah Kasus, Penjelasan Khofifah & Upaya RIsma

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan Yaser Arafat menyebut di musim covid-19 ini, semuanya serba terbatas.

Apalagi pemberlakuan new normal yang dinilai akan membawa angin segar, dilakukan bertahap dan berkelanjutan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini.

Dalam konteks ekonomi, perubahan aktivitas ekonomi berbanding lurus dengan habit sistem ekonomi sendiri. Dengan banyak mengalihkan fungsi digital online atau virtual system.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved