Virus Corona di Balikpapan

Gunakan DTKS Kemensos, Warga Terdampak Covid-19 di Balikpapan Kembali Terima BST

Bantuan Sosial Tunai ( BST ) dari Kementrian Sosial bagi 10.845 masyarakat terdampak Corona atau covid-19 kembali disalurkan hari ini.

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Masyarakat menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari kementrian sosial yang dibagikan melalui kantor pos Balikpapan Rabu (20/5/20). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Bantuan Sosial Tunai ( BST ) dari Kementrian Sosial bagi 10.845 masyarakat terdampak Corona atau covid-19 kembali disalurkan hari ini, Rabu (3/6/20).

Kepala Dinas Sosial Kota Balikpapan, Purnomo mengatakan penyaluran BST pada dasarnya memang langsung ditangani oleh Kantor Pos.

"Ini programnya pusat, kita hanya memonitoring saja. Mengenai teknisnya lebih kepada Kantor Pos," katanya, Rabu (3/6/2020).

Dijelaskan lebih lanjut, mengenai data yang dipakai memang menggunakan data terpadu kesejahteraan sosial ( DTKS ).

Baca Juga: Sudah 16 Sampel Swab Diperiksa Melalui Cartridge TCM TB RSUD Abdul Rivai Berau, Begini Hasilnya

Baca Juga: Pendatang ke Kota Balikpapan tak Kantongi Surat Swab Covid-19, Wajib Rapid Test Dua Kali

Pendataan yang dipakai oleh Kementrian Sosial ini, sumber basis data awalnya berasal dari alokasi data statistik yang dilakukan tahun 2015.

Meski begitu, kementrian sosial pun harusnya telah mengupdate data secara Nasional berdasar laporan dari Dinas Sosial di setiap daerah.

Sehingga tak akan terjadi kerancuan data antara pemerintah pusat dan daerah agar setiap penyalurannya bisa lebih valid dan tepat sasaran.

"Data itu setiap satu tahun mengalami 4 kali evaluasi per triwulannya. Kadang kita melakukan eval namun di pusat pun masih keluar data yang lama," lanjut Purnomo.

Halaman
12
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved