Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati Kubar Dorong Pasien Covid-19 Berdisiplin Agar Segera Sembuh dan Kumpul Keluarga Kembali

Kesembuhan tergantung kedisiplinan pasien itu sendiri. Barang siapa tidak disiplin maka tidak akan cepat sembuh

HUMASKAB KUBAR
KUNCI KESEMBUHAN - Bupati Kutai Barat FX Yapan kembali mengingatkan dan mendorong pasien Covid-19 yang kini dirawat di RS Pratama agar disiplin mengikuti anjuran dokter agar bisa segera sembuh dan kembali berkumpul bersama keluarga, Rabu (3/6/2020). Tim Gugus akan melarang mereka kembali ke keluarganya jika belum dinyatakan sembuh. 

SENDAWAR - Di sela-sela mengikuti rapat kerja melalui video conference dengan DPR RI Dapil Kaltim di Balai Agung Aji Tulur Jejangkat, Bupati FX Yapan SH mengajak pasien covid-19 yang masih dalam perawatan di Rumah Sakit Pratama, agar disiplin sehingga cepat sembuh dan bisa pulang ke rumah.

”Kesembuhan tergantung kedisiplinan pasien itu sendiri. Barang siapa tidak disiplin maka tidak akan cepat sembuh dan tidak akan bisa keluar dari rumah sakit. Jika hasil swab belum negatif, Tim Gugus Tugas tidak akan memulangkan pasien tersebut,” tandas Bupati, Rabu (3/6/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berpesan kepada keluarga maupun pasien yang bersangkutan, kedisiplinan kunci utama untuk kesembuhan. Ikuti SOP atau protokol kesehatan, jika ada keluhan lapor kepada dokter penanggung jawab pasien (DPJP).

”Tujuan pemerintah mengobati dan mengkarantina pasien tersebut untuk menyelamatkan orang tersebut, serta seluruh masyarakat tidak tertular virus. Tetapi jika yang bersangkutan tidak disiplin maka sia-sia usaha yang dilakukan pemerintah, tidak hanya membahayakan dirinya sendiri tapi juga warga lain,” tegas bupati.

Secara khusus Bupati mengimbau seluruh masyarakat agar terus mengikuti standar protokol kesehatan.

“Jika mengikuti protokol kesehatan, saya yakin Covid-19 bisa kita atasi, dan saat ini kita bersyukur satu persatu pasien sembuh. Sekali lagi disiplin dan mengikuti protokol kesehatan sangat penting,” kata Bupati.

Sedangkan untuk pasien yang sudah sembuh, Bupati mengingatkan untuk taat mengikuti protokol kesehatan seperti melakukan karantina mandiri 14 hari di rumah.

“Harus rajin olahraga, berjemur, ikuti protokol kesehatan. Sebab virus tersebut bisa saja kembali jika tidak disiplin,” ujarnya.

Selain itu, ketika sudah di rumah, orang tersebut wajib menggunakan peralatan makan dan minum sendiri, dan peralatan mandi sendiri, wajib memakai masker, hindari berkerumun dan harus tetap menjaga jarak. (adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved