Breaking News:

Pasca Banjir Sampah di Samarinda Numpuk, Kepala DLH Sebut Tiap Hari Petugas Angkut Satu Rit 8 Kubik

Kondisi volume sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Samarinda membludak, pasca banjir yang terjadi waktu lalu di beberapa kelurahan Kota

Dok Tribunkaltim.co
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda Nurrahmani menyampaikan, tiap hari petugas mengangkuti sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersebar di Samarinda. Pasca Banjir, kondisi sampah menumpuk di sejumlah TPS 

TRIBUNKALTIM. CO, SAMARINDA - Kondisi volume sampah di beberapa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Samarinda membludak, pasca banjir yang terjadi waktu lalu di beberapa kelurahan Kota Tepian.

Imbasnya pihak Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Samarinda harus mengangkut sampah dari TPS lebih banyak daripada hari biasanya, yaitu sebanyak 14 sampai 16 kali guna mencegah terjadinya over kapasitas.

Kepala DLH Samarinda Nurrahmani mengatakan untuk satu rit pengangkutan sampah dari TPS bisa mencapai 8 kubik. Pihaknya juga rutin mengangkut sampah di TPS yang berada di lokasi-lokasi banjir.

"Tetapi sebentar lagi mau selesai, karena tiap hari kita ngambilin sampahnya," ucapnya saat dihubungi melalui telepon seluler, pada Kamis (6/6/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan untuk daerah yang terbanyak sampahnya, sebenarnya rata-rata semua sama. Tetapi, semakin banyak penduduknya maka semakin banyak pula sampahnya.

Baca juga: Wilayah Anies Sudah Terkendali, 3 Provinsi dengan Tingkat Penularan Corona Tinggi Ini Disorot Jokowi

Baca juga: Haji 2020 Dibatalkan, Wabup Sebut Corona Bisa Menular ke Jamaah, Berharap Mengerti dan Sabar

"Itu seperti di daerah Bengkuring, Griya Mukti, juga Sempaja," tuturnya.

Ia juga menyebutkan tempat pembuangan sampah juga ditata dengan baik, hingga sampah-sampah di TPS bisa gampang dimuat.

Ia menambahkan di beberapa wilayah tersebut juga ada kegiatan memungut sampah. Dengan demikian itu dapat sedikit membantu mengurangi beban DLH Samarinda.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved