Breaking News:

Berantas Calo dan Pungli, Disdukcapil Kukar Harapkan Peran Serta Masyarakat Kutai Kartanegara

Transparansi dalam proses kepengurusan dokumen kependudukan selalu dikedepankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil )

TRIBUNKALTIM.CO/CHRISTOPER D
Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Transparansi dalam proses kepengurusan dokumen kependudukan selalu dikedepankan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Disdukcapil ) Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) Provinsi Kalimantan Timur.

Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memutus praktek calo dan juga pungli yang diduga masih terjadi pada proses pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan di Disdukcapil Kukar.

Bahkan, dengan penerapan sistem layanan online, status dokumen yang diurus oleh masyarakat dapat terpantau di website.

Di website tersebut juga menampilkan lokasi tempat pengambilan dokumen jika dokumen tersebut telah selesai dicetak.

Baca Juga: Sudah 16 Sampel Swab Diperiksa Melalui Cartridge TCM TB RSUD Abdul Rivai Berau, Begini Hasilnya

Baca Juga: Cara Mengantar Anak Kukar Menuju Prestasi, Penguatan Kualitas Lembaga PAUD di Kutai Kartanegara

"Prosesnya tidak ada yang ditutupi, semua dilakukan secara transparan. Warga bisa memantau dokumennya melalui website pada layanan sistem online," ucap Kepala Disdukcapil Kabupaten Kukar, M Irianto, Minggu (7/6/2020).

"Dengan ini harapannya dapat menghilangkan praktek percaloan dan pungli. Kadang calo ini banyak akalnya, sama juga dengan oknum pungli, mereka juga pintar-pintar, ada saja caranya," sambungnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam upaya pemberantasan pungli dan praktek calo, dengan cara melaporkan kepada pihaknya maupun Tim Saber Pungli Kukar.

"Jika ada indikasi, ataupun temuan pungli, maupun calo, segera laporakn ke kami, atau bisa langsung ke Tim Saber Pungli Kukar. Ya, masyarakat juga harus berperan aktif," tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved