Breaking News:

Daya Tampung Sekolah Negeri 62 Persen, Kadisdikbud Balikpapan Yakinkan Swasta Siap Tampung

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur memenuhi panggilan DPRD Balikpapan.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/FACHMI RACHMAN
ILUSTRASI - Orang tua calon siswa melihat pengumuman penerimaan PPDB online. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur memenuhi panggilan DPRD Balikpapan dalam rapat dengar pendapat ( RDP ), Senin (8/6/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur memenuhi panggilan DPRD Balikpapan dalam rapat dengar pendapat ( RDP ).

Rapat ini membahas mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ), yang berkaitan dengan persiapan Disdikbud dalam pelaksanaan PPDB online di tengah keadaan pandemi.

Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin mengatakan selain membahas teknis.

Pertemuan tersebut juga membahas kemungkinan peserta didik yang tak diterima di sekolah negeri.

Dewan Pendidikan Kota Balikpapan Soroti Rencana New Normal di Tengah Pandemi Covid-19

Tak Semua Sekolah di Kubar Bisa Gelar PPDB Online, 50 Persen SD Malah tak Didukung Akses Internet

Dalam catatannya, daya tampung yang ada di sekolah negeri dari tingkat SD hingga SMP di Kota Balikpapan hanya mampu menampung sekitar 62 persen dari kebutuhan masyarakat.

Meski begitu, ia pun meyakinkan bahwasannya sekolah swasta nantinya akan mampu dan siap untuk menerima siswa-siswi di Balikpapan.

"Sebenarnya daya tampung sekolah di Balikpapan siap, apabila digabungkan sekolah negeri, madrasah dan swasta," ujarnya, Senin (8/6/20).

Dari data yang dihimpun, berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Balikpapan, jumlah lulusan sekolah dasar yang akan melanjutkan ke sekolah menengah pertama di Kota Balikpapan tercatat mencapai 12.014 siswa pada tahun 2020 ini.

Jumlah tersebut naik dibandingkan tahun 2019 lalu, yang mencatat jumlah lulusan SD yang akan melanjutkan ke sekolah menengah pertama yang mencapai 11.876 siswa.

Sedangkan untuk jumlah lulusan SMP yang akan melanjutkan ke SMA pada tahun 2020 ini tercatat mencapai 10.288, sedikit menurun dibandingkan tahun 2019 lalu yang tercatat mencapai 10.330 murid.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved