Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Tutung Berpotensi Jadi Sentra Pertanian Perkebunan, Wabup Arkan Minta Bentuk Kelompok Tani

melalui kelompok tani bisa dipermudah dalampemberian bibit, sapi, dan mekanisme pembelian pupuk bersubsidi.

HUMASKAB KUBAR
BELI SAYURAN - Wakil Bupati Edyanto Arkan membeli sayur mayur dari sejumlah petani usai menyerahkan bantuan lumbung pangan masyarakat 2020 di Rapak Oros Kampung Linggang Amer, Kecamatan Linggang Bigung, Kamis (4/6/2020). 

SENDAWAR - Kampung Tutung, Kecamatan Linggang Bigung, dinilai berpotensi menjadi sentra komoditas pertanian dan perkebunan, karena selama ini sudah memiliki komoditas seperti sayur-mayur.

Wabup Kubar Edyanto Arkan mengatakan, potensi lainnya adalah tanah yang subur. Masyarakatnya pun berkeinginan menjadikan Kampung Tutung itu sebagai daerah sentra pertanian dan perkebunan.

Hal ini merupakan hasil kunjungannya bersama Distan Kubar guna meresponi kebutuhan masyarakat di Kampung Tutung, untuk sektor pertanian dan perkebunan, jelas Wabup, Kamis (4/6/2020).

Pemkab Kubar, menurut Wabup Arkan, mendorong melalui sejumlah program di antaranya pemberian bibit, sapi, dan mekanisme pembelian pupuk bersubsidi. Sebab beberapa petani itu masih kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

Jadi, petani disarankan melalui mekanisme yaitu melakukan pembentukan kelompok tani, kemudian diusulkan ke dalam Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) kebutuhan pupuk tersebut.

Barulah diteruskan kepada Pemprov Kaltim dan juga kepada penyalur pupuk, untuk dapat disalurkan pupuk bersubsidi. Nantinya didistribusikan melalui kios-kios penjualan pupuk yang berada di wilayah Kecamatan Linggang Bigung, dan prosesnya ini membutuhkan waktu.

Apabila ini berjalan dengan baik, maka sektor pertanian di Kampung Tutung yang selama ini sudah bergerak seperti sayur-mayur lebih berkembang. Karena setiap harinya ada mobil pick up datang untuk membelinya.
Wabup optimistis, dengan adanya pupuk, bibit dan dibantu penyuluhan pertanian, maka Kampung Tutung akan lebih maju dalam sektor pertanian.

“Ini sungguh disyukuri dan luar biasa. Kampung ini merupakan bagian daerah yang subur di Kubar. Mari jadikan Kampung Tutung sebagai sentra pertanian dan perkebunan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Kubar dan surplus atau kelebihannya bisa dibawa ke luar Kubar,” tandas Wabup Arkas. (adv/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved