Breaking News:

Berita Pemkab Kutai BArat

Deteksi Virus Corona Hanya 45 Menit, RSUD Harapan Insan Sendawar Operasikan Alat TCM

Dianalisa selama 45 menit dan hasilnya langsung dapat diketahui apakah pasien terinfeksi atau steril.

HUMASKAB KUBAR
ALAT MOLEKULER - Asisten 1 Setkab Kutai Barat Misran Effendy didampingi Direktur RSUD-HIS dr Akbar meresmikan pengoperasian alat Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk mendeteksi Covid-19 di ruang Laboratorium RSUD-HIS, Senin (8/6/2020). Alat ini diklaim bisa mendeteksi Corona lebih cepat. 

SENDAWAR- Guna lebih cepat mendapatkan hasil deteksi masyarakat yang diduga terpapar Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Harapan Insan Sendawar (RSUD-HIS) mengoperasikan mesin Tes Cepat Molekuler (TCM).

Mesin tersebut akan digunakan untuk mendeteksi virus corona dengan sensitivitas dan spesivisitas tinggi sekitar 95 persen, kata Direktur RSUD-HIS, dr Akbar, MSi saat peresmian fasilitas tersebut oleh Asisten 1 Setkab Misran Effendy mewakili Bupati Kubar FX Yapan di ruang Labolatorium RSUD-HIS, Senin (8/6/2020).

Menurut dr Akbar, TCM menggunakan konversi cartridge yang dihubungkan melalui komputer dengan aplikasi khusus.

Cara kerja alat ini, pertama memasukkan sampel cairan pasien ke dalam cartridge khusus, lalu hubungkan cartridge ke media komputer. Selanjutnya dianalisa selama 45 menit dan hasilnya langsung dapat diketahui apakah pasien terinfeksi atau steril.

Menurut dr Akbar, mesin ini sudah ada sejak lama namun untuk pemeriksaan tuberculosis (TBC). Kemudian mesin itu diupgrade sehingga memungkinkan untuk pemeriksaan Covid-19. Jadi, yang ditambahkan adalah cartridge-nya khusus untuk covid-19. Mekanisme kerjanya lebih praktis daripada mesin PCR karena semua dikerjakan oleh mesin.

“Selama ini kami pengiriman sample ke Surabaya dan Samarinda, membutuhkan waktu yang cukup lama bisa 5 - 16 hari. Mesin ini nantinya diprioritaskan untuk penanganan Covid-19 bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pantauan (ODP) dan pasien yang terkonfirmasi positif,” ujarnya.

Sementara Bupati Kubar FX Yapan melalui sambutan yang dibacakan Asisten 1 Misran Effendy mengatakan, Kabupaten Kutai Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terdampak pandemi Covid -19. Jadi sangat membutuhkan mesin deteksi bekerja cepat dan akurat dalam penanganan wabah ini,

Menurutnya, Kemenkes sudah mengirim 60 cartridge TCM untuk uji virus corona. Kiranya bantuan alat test ini dapat mendukung upaya tim medis melakukan pemeriksaan yang lebih banyak, lebih masif dan kemudian akan disertai dengan pelaksanaan isolasi yang lebih ketat.

“Selain itu, dengan tersedianya cartridge TB-TCM untuk pemeriksaan Covid-19, dapat sejalan dengan pelatihan sumber daya petugas medis yang akan mengoperasikan alat tersebut,” tambahnya.(adv/hms36/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved