Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Bupati Fasilitasi Pertemuan Perusahaan Tambang dan Serikat Pekerja Soal Sistem Hari Kerja 6:1

“Tapi sepanjang kriteria ini belum tercapai, maka semua akan tetap menyepakati penerapan sistem kerja yang ditetapkan,” ungkapnya.

HUMASKAB BERAU
GELAR PERTEMUAN - Bupati Muharram bersama Wabup Agus Tantomo menggelar pertemuan bersama serikat pekerja dan perusahaan terkait perubahan sistem hari kerja atau roster di Kantor Bupati, Selasa (9/6/2020). 

TANJUNG REDEB - Bupati Berau Muharram bersama Wakil Bupati Agus Tantomo dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Berau Junaidi, menggelar pertemuan bersama perwakilan serikat pekerja pertambangan dan PT Buma, kontraktor PT Berau Coal, perusahaan pertambangan batu bara di Bumi Batiwakkal.

Pertemuan yang digelar di ruang Sangalaki Setkab Berau, Selasa (9/6/2020), merupakan menindaklanjuti surat dari beberapa serikat pekerja atau serikat buruh yang ada di PT Buma Site Lati, Binungan dan Suaran tentang penolakan masalah sistem hari kerja atau roster yang mengalami perubahan dari sebelumnya 7:1 menjadi 6:1.

Bupati Berau, Muharram, menjelaskan dari pertemuan tersebut pekerja yang tergabung dalam serikat pada dasarnya bisa menerima kebijakan perusahaan yang melakukan perubahan roster menjadi 6:1 tapi dengan beberapa catatan.

Diantaranya ketika kondisi perusahan sudah membaik sesuai dengan kriteria yang nantinya akan dituangkan dalam berita acara hasil pertemuan. Maka pihak perusahaan akankembali duduk bersama dengan serikat pekerja atau karyawan untuk mengembalikan kesejahteraan karyawan sesuai dengan kondisi perusahaan.

“Tapi sepanjang kriteria ini belum tercapai, maka semua akan tetap menyepakati penerapan sistem kerja yang ditetapkan,” ungkapnya.

Kriteria yanga kan dituangkan dalam berita acara dikatakan Muharram akan dibahas lebih lanjutkan oleh perusahaan bersama serikat pekerja yang juga akan difasilitasi Disnakertrans Kabupaten Berau.

Sehingga setelah kriteria ini ditetapkan bersama baru akan dilakukan penandatanganan berita acara dan sistem kerja atau roster baru sudah bisa mulai diterapkan perusahaan.

Hal senada disampaikan Wakil Bupati, Agus Tantomo, yang sebelumnya telah menggelar komunikasi bersama jajaran Disnakertrans dan asosisasi pengusaha Indonesia (Apindo) Berau terkait perubahan hari kerja bagi pekerja ini. Pertemuan ini ditegaskannya ada pandangan yang sama antara pihak dalam perubahan roster ini.

Wabup Agus Tantomo berharap perubahan ini tidak mengorbankan perusahaan tapi disisi lain juga tidak merugikan perusahaan. Sehingganya ketika situasi perusahaan sudah membaik, maka perlu ada perubahan kembali untuk kesejahteraan para pekerja. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved