Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Ciptakan Ketahanan Pangan Kaltim, Siti Rizky Dorong Generasi Muda Terjun dalam Pertanian

Menurutnya, jika ditekuni dengan baik dan benar, pertanian bisa menjanjikan. Namun ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Siti Rizky Amalia. 

SAMARINDA - Mewujudkan ketahanan pangan masih menjadi agenda penting yang harus terus ditargetkan. Ini disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kaltim Siti Rizky Amalia.

Menurutnya, komitmen untuk bersama-sama mencapai hal itu salah satunya diperlukan program dan sistem pertanian yang baik sehingga kebutuhan pangan sampai tingkat individu dapat tercapai dengan indikator pangan yang baik kualitas dan kuantitas.

"Ini berkaitan dengan kebijakan berkelanjutan bagi ketahanan pangan. Seperti mempertahankan lahan pertanian dan terus memajukan petani kita. Penurunan produksi pangan di suatu daerah seperti alih fungsi ditambah minimnya infrastruktur pertanian, akan menyebabkan penurunan produksi hasil tani. Makanya harus terus kita dorong," ungkap politisi PPP ini.

Selain itu, lanjut Rizky Amalia, perlu juga mendorong generasi muda untuk terjun dan aktif dalam pertanian dalam arti luas sehingga mendongkrak pertumbuhan pertanian. Kemudian, pertanian modern yang bisa diadopsi juga akan mempercepat panen dan meningkatkan hasil pertanian.

Menurutnya, jika ditekuni dengan baik dan benar, pertanian bisa menjanjikan. Namun ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk mengubah pola pikir generasi muda terhadap pertanian.

"Potensi ini yang perlu dioptimalkan melalui pertanian inovatif dan berbasis teknologi yang mampu menghasilkan kualitas dan kuantitas tinggi,” ujar Amel, sapaan akrabnya.

Namun demikian ia menyarankan agar produksi bidang pertanian tidak melupakan dan meninggalkan potensi lokal daerah, dan tetap mengutamakan sumber daya lokal.(advertorial/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved