Breaking News:

Kedepankan Edukasi Humanis, Masyarakat Puas Kinerja Polri saat Pandemi

SEJUMLAH daerah di Indonesia telah menjalankan fase kehidupan baru atau dikenal dengan sebutan 'New Normal mulai 4 Juni 2020.

IST
Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono tengah meninjau dapur umum di Polresta Balikpapan yang disiapkan untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 

SEJUMLAH daerah di Indonesia telah menjalankan fase kehidupan baru atau dikenal dengan sebutan 'New Normal mulai 4 Juni 2020.

Era New Normal ini bukan berarti mengabaikan upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan seperti yang dilakukan saat pandemi.

Seperti diketahui, perlu kedisiplinan pada banyak aspek, terutama kehidupan sosial masyarakat untuk mencegah wabah Covid-19 ini.

Dalam situasi pandemi, diperlukan disiplin sangat ketat terhadap kehidupan sosial masyarakat dalam bentuk physical distancing. Metode ini dianggap sebagai upaya yang paling efektif mengurangi angka penyebaran virus Corona

Sebelum memasuki era New Normal, Pemerintah mewajibkan masyarakat untuk melakukan physical distancing melalui Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Peraturan Pemerintah ini harus dipatuhi dan untuk memastikan kepatuhan Polri memiliki peran penting dalam penegakan hukum. Selain tenaga medis, tim gugus tugas, Polri dapat disebut sebagai garda terdepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Keberhasilan PSBB atau pengetatan sosial di daerah tergantung dari kesadaran dan kedisiplinan masyarakat. Dan untuk memastikan keduanya berjalan, peran Polri sangat diperlukan.

Belum lama ini lembaga survei Indikator Politik me-relese hasil surveinya terkait penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menariknya, dari suvei Indikator Politik seperti dikutif dari tribunnews.com menyebut 80,7 persen responden menyatakan puas atas kinerja Polri dalam membantu melaksanakan kebijakan penanganan pandemi Covid-19.

Survei diadakan Indikator Politik Indonesia terhadap 1.200 responden dengan metode kontak telepon pada rentang waktu 16 hingga 18 Mei 2020.

Halaman
123
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved