News Video

NEWS VIDEO Balai Gakkum LHK Kalimantan dan Balai KSDA Tangkap Pelaku Perdagangan Satwa Langka

SPORC Brigade Enggang berhasil mengamankan lima ekor burung rangkong dan satu ekor burung elamg ikan Kepala kelabu.

Penulis: Nevrianto | Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Tim SPORC Brigade Enggang Balai Gakkum LHK Kalimantan bersama Polisi Kehutanan Balai KSDA Kalimantan Timur (Kaltim) didukung Satreskrim Polresta Samarinda mengungkap penangkapan perdagangan online satwa dilindungi, Rabu (10/6/2020).

SPORC Brigade Enggang berhasil mengamankan lima ekor burung rangkong dan satu ekor burung elamg ikan Kepala kelabu dari rumah tersangka berinisial S.

Dari penuturan Kepala Gakkum LHK Kalimantan Subhan mengatakan penyidik telah menetapkan S sebagai tersangka.

Rencananya tersangka akan ditahan di Rutan Polresta Samarinda.

Dari rilis yang didapat, hewan tersebut akan diserahkan ke balai KSDA Kaltim. "Selanjutnya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya," ucap Subhan.

Tersangka dijerat dengan pasal 21 ayat (2) jonto pasal 40 ayat (2) UU nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam dan ekosistem.

"Dengan ancaman penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta," ucapnya.

Kasus ini berasal dari hasil penelusuran media sosial Facebook. Penyidik melakukan penyelidikan dan menangkap tersangka di kediamannya Jl. Ulin Gg. 6 Blok B no.23 RT. 24 Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Sungai Kunjang Kota Samarinda.

Saat ini penyidik Masih mengembangkan Kasus ini. Diduga ada keterlibafan pihak lain yang mendukung perdagangan satwa dilindungi tersebut.

"Keberhasilan penanganan kasus ini tidak terlelas dari kerjasama dan sinergitas yang terjalin dengan baik antara Balai Gakkum LHK Kalimantan, BKSDA Kaltim, Polresta Samarinda dan masyarakat pemerhati satwa," pungkas Subhan. (*)

 IKUTI >> News Video

IKUTI >> News Video

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved