Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Digelar Setiap Rabu dan Sabtu, Pasar Tani Mahulu Dinilai Bisa Tingkatkan Perekonomian Petani

Pasar Tani oleh Dinas Ketahangan Pangan dan Pertanian (DKPP), dibuka setiap Rabu dan Sabtu mulai pukul 08.00 sampai 12.00 Wita.

HUMASKAB MAHULU
PASAR TANI - Suasana di Pasar Tani Mahakam Ulu. Pemilik lapak pedagang sayur melayani pembeli yang berkunjung ke pasar tersebut. Pasar Tani Mahulu dibuka dua kali dalam seminggu, yakni setiap Rabu dan Sabtu, dari pukul 08.00-12.00. 

UJOH BILANG - Sebagai bentuk dukungan meningkatkan perekonomian para petani, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Hulu (Mahulu) melaksanakan Pasar Tani yang berpusat di Simpang Tiga Sungai Tikah, Ujoh Bilang. Kegiatan ini dimulai sejak Sabtu (6/6/2020).

Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahangan Pangan dan Pertanian (DKPP), dibuka setiap Rabu dan Sabtu mulai pukul 08.00 sampai 12.00 Wita. Pasar perdana dibuka oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sarifudin, SE.

PASAR TANI - Tenda-tenda lapak dalam Pasar Tani Mahulu. Pasar perdana ini dibuka Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sarifudin SE mewakili Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, Sabtu (6/6/2020).
PASAR TANI - Tenda-tenda lapak dalam Pasar Tani Mahulu. Pasar perdana ini dibuka Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sarifudin SE mewakili Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, Sabtu (6/6/2020). (HUMASKAB MAHULU)

Bupati dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, pemanfaatan potensi sumber daya alam menjadi langkah strategis yang telah dilakukan sejak dulu.

Diungkapkan, tradisi turun temurun pada aktivitas pertanian ini merupakan upaya leluhur untuk membantu usaha pertanian yang berkelanjutan.

“Kegiatan Pasar Tani ini untuk mengendalikan harga komoditi dan pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi petani maupun masyarakat. Inilah peran pemerintah daerah untuk menjembatani petani langsung bertemu dengan pembeli,” kata Bupati.

CUCI TANGAN - Setiap pengunjung Pasar Tani Mahulu wajib mencuci tangan juga bermasker, Sabtu (6/6/2020). Pihak pengelola menyediakan tempat cuci tangan di depan area Pasar Tani, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.
CUCI TANGAN - Setiap pengunjung Pasar Tani Mahulu wajib mencuci tangan juga bermasker, Sabtu (6/6/2020). Pihak pengelola menyediakan tempat cuci tangan di depan area Pasar Tani, dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. (HUMASKAB MAHULU)

Dia menambahkan, manfaat nyata Pasar Tani selain agar petani memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan harga yang layak atas produk pertaniannya, juga dapat menikmati hasil panen yang segar.

“Penyelenggaraan Pasar Tani ini secara tidak langsung akan dapat mengantisipasi terjadinya hambatan distribusi pangan ke Kabupaten Mahakam Ulu. Jika hal ini berlangsung dengan peningkatan produksi hasil tani, maka kedepannya kita dapat menghilangkan ketergantungan kebutuhan pangan dari kabupaten tetangga,” kata Bupati.

Bonifasius berharap, Pasar Tani yang dibuka setiap Rabu dan Sabtu dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, dan juga membantu ekonomi para petani Mahulu di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan adanya Pasar Tani ini, kebutuhan dasar pangan dengan harga yang terjangkau dapat terpenuhi. Saya harapkan akan ada banyak petani lain yang dapat menjual produk pertaniannya di pasar ini dan kebutuhan pangan masyarakat dapat terpenuhi,” tambahnya.(adv/hms11/td/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved