Soal Penyaluran BLT Tahap III, Kepala BPBD Berau Sebut Tunggu Bantuan Tahap II Rampung

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III untuk masyarakat yang terdampak Virus Corona ( covid-19 ) di Kabupaten Berau masih menunggu penyalur

Penulis: Ikbal Nurkarim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Kepala BPBD Berau Thamrin mengatakan, penyaluran BLT tahap III masih menunggu BLT tahap II rampung, terutama masalah kelebihan anggaran di tingkat RT yang mesti dikembalikan ke BPBD Berau. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap III untuk masyarakat yang terdampak Virus Corona ( covid-19 ) di Kabupaten Berau masih menunggu penyaluran tahap dua rampung.

Hal itu dikatakan Ketua BPBD Berau Thamrin yang ditemui TribunKaltim.co di kantornya, Jl Isa I, Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Selasa (16/6/2020).

Ia menjelaskan, BPBD Berau saat ini masih melakukan penyelesaian perhitungan dana sisa BLT tahap II dan dalam waktu dekat akan segera dilaporkan ke Bupati Berau Muharram selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 di Bumi Batiwakkal.

"Untuk BLT tahap III kita tunggu BLT tahap II rampung, karena sampai saat ini kita masih dalam tahap penyelesaian realisasi anggaran BLT di tahap II," katanya.

Baca juga: Nurlaila Kenakan Gaun Pengantin Saat Dilantik jadi Anggota PPS di Balikpapan, Dijemput Waktu Resepsi

Baca juga: Disdik Kutim Siapkan Aplikasi Belajar Online Dengan Fitur Lebih Baik Agar Siswa Lebih Bahagia

"Dua hingga tiga hari ke depan ini kita akan merampungkan dulu semua kelebihan anggaran yang ada di RT dan Kampung. Kelebihan anggaran itu misalnya ada data ganda, data yang tidak ada orangnya, dan data orangnya tidak mau menerima karena merasa mampu,

itu semua dikembalikan uangnya di BPBD, kemudian kita memprogramkan anggaran untuk BLT tahap III," tuturnya.

Lebih lanjut, Thamrin mengatakan jika hal itu sudah rampung maka akan dilaporkan ke Bupati selaku Ketua Gugus dan akan dibahas lagi soal BLT tahap III.

"Yang pastinya, tindak lanjutnya seperti apa itu kebijakan dari Bupati selaku Ketua Gugus covid-19," ujarnya.

Sementara itu, di ruang Sekretariat BPBD Berau nampak sejumlah kepala kampung mengambalikan bukti penyaluran BLT di daerahnya masing-masing, salah satunya Kepala Kampung Bukit Makmur, Saidin Saputra.

Baca juga: Kabar Gembira! Indonesia Telah Temukan Obat Corona, Rupanya Bahan Banyak di Pasaran & Terdaftar BPOM

Baca juga: Kalsel Mencatat Angka Kesembuhan Pasien Corona Cukup Tinggi Pekan Lalu, 127 Pasien Sembuh

Baca juga: Beijing China Waspada Gelombang 2 Wabah Covid-19, Papan Pemotongan Ikan Salmon Diduga Sumber Virus

Ia mengatakan pengembalian sisa dana dan bukti penyaluran BLT harus dilakukan agar data yang ada segera tertangani semuanya.

“Alhamdulillah pada penyaluran BLT di tahap II kemarin berjalan lancar walaupun ada terjadi tumpang tindih bantuan tunai di daerah dan provinsi," katanya.

"Dengan demikian, saat ada kelebihan dana sisa itulah yang hari ini kami kembalikan,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved