Breaking News:

Berita Pemkab Berau

DPRD Sampaikan Rekomendasi LKPj Bupati Berau: Perlunya Dokter Spesialis hingga Air Bersih

Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah dan Ahmad Rifai. Serta dihadiri Bupati Berau, Muharram

HUMASKAB BERAU
REKOMENDASI DEWAN - DPRD Berau menggelar rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Syarifatul Syadiah dan Ahmad Rifai, Selasa (16/6/2020. Paripurna terkait rekomendasi dewan terhadap LKPj Bupati Berau. Dihadiri Bupati Berau Muharram, Wakil Bupati Agus Tantomo, Sekkab M Gazali, dan jajaran unsur forum koordinasi pimpinan daerah. 

TANJUNG REDEB - Melalui rapat paripurna yang digelar secara online, Selasa (16/6/2020. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Berau menyampaikan rekomendasi laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Berau Tahun 2019.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah dan Ahmad Rifai. Serta dihadiri Bupati Berau, Muharram, Wakil Bupati, Agus Tantomo, Sekkab M Gazali, jajaran unsur forum koordinasi pimpinan daerah, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan lembaga terkait.

Melalui rekomendasi LKPj yang dibacakan Ahmad Rifai, DPRD Berau menyampaikan beberapa rekomendasi. Diantaranya perlu kebijakan hukum dalam program peningkatan pangan, terutama subsidi pupuk, bibit dan pemasaran.

Selain itu juga perlu kebijakan pembuatan masterplan tata kota yang maju, seperti penataan aliran listrik dan kabel telekomunikasi di bawah tanah, drainase bersama dengan pipa PDAM.

Mendorong kebijakan peningkatan sumber daya manusia yang perlu dilakukan sejak dini, memberikan santunan kepada lansia (lanjut usia). Terkait dengan sisa lebih penggunaan anggaran DPRD Berau meminta pemerintah daerah menyusun program dan memaksimalkan kegiatan prioritas yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

DPRD Berau juga mendorong pemerintah daerah mengoptimalkan peningkatan pendatan asli daerah melalui pajak maupun retribusi daerah. termasuk peningkatan sarana dan prasarana dalam memberikan kemudahan pelayanan pajak dan retribusi daerah, maupun melakukan evaluasi kinerja dan memberikan insentif kepada petugas pemungut pajak dan retribusi daerah.

Dalam pelayanan kesehatan DPRD mendorong peningkatakan dalam upaya mewujudkan kualitas SDM Kabupaten Berau yang unggul, dimulai dari penanganan kesehatan ibu hamil hingga kualitas pelayanan masyarakat.

Untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan Masyarakat perlu segera penanganan kekurangan tenaga medis (dokter spesialis) DPRD Berau mendorong pemerintah Kabupaten Berau agar dapat meninjau kembali Peraturan Bupati terkait standarisasi Pemerintah Kabupaten Berau.

Khususnya menyangkut besaran standarisasi honorarium/insentif tenaga dokter spesialis serta tenaga medis lainnya, serta secara periodik memberikan diklat dan seminar guna peningkatan kualitas SDM mengikuti perkembangan tekhnologi dan keilmuan di bidang kesehatan.

DPRD Berau disampaikan Ahmad Rifai mendorong pemerintah Kabupaten Berau agar segera menyelesaikan Pemenuhan kebutuhan dasar meliputi listrik, air bersih dan jaringan telekomunikasi mengingat masih ada kampung-kampung yang belum menikmati listrik, air bersih, dan jaringan telekomunikasi sesuai dalam laporan LKPJ 2019, yang masih menyisakan 9 kampung.

“DPRD Kabupaten Berau juga mendorong pemerintah Kabupaten Berau agar segera menyelesaikan tapal batas antar kampung, antar kecamatan se Kabupaten Berau dan tapal batas antar Kabupaten .Berau dengan Kabupaten Kutim,” ungkapnya.

Bupati Berau, Muharram, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pimpinan dan anggota DPRD Berau yang telah menindaklanjuti LKPj Bupati Berau, hingga menyampaikan rekomendasi melalui paripurna.

Rekomendasi yang disampaikan ditegaskan Muharram tentu menjadi masukan bagi Pemkab Berau dan berharap OPD terkait untuk dapat menindaklanjuti apa yang telah menjadi masukan bersama untuk mencapai pembangunan Kabupaten Berau yang lebih baik.

Pemkab Berau ditegaskannya telah melakukan berbagai terobosan dalam upaya peningkatanan kinerja pemerintahan, mulai dari upaya peningkatann pendapatan daerah maupun peningkatan pemenuhan dasar masyarakat, mulai jalan kampung, listrik, air bersih maupun telekomunikasi. Secara bertahao seluruh kampung ditargetkan terlayani infrastruktur dasar. Begitu juga dalam penyelesaian batas wilayah ditegaskannya menjadi perhatian serius Pemkab Berau.

“Apa yang menjadi rekomendasi ini tentu menjadi perhatian bersama dan saya meminta OPD teknis dapat menindaklanjuti apa yang disampaikan DPRD Berau,” tegasnya. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved