Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Pandemi Covid-19 Pengaruhi Tema Pembangunan di Berau, Ini Tiga Prioritas yang Kini Dijalankan

Program ini sendiri lebih berfokus pada pembinaan, pemberian bantuan serta peningkatan kualitas SDM masyarakat.

HUMASKAB BERAU
MOMENTUM - Kepala Bapelitbang Berau Agus Wahyudi memimpin rapat terkait prioritas program pembangunan daeah di tengah pandemi Covid-19. Adanya pandemi dianggap jadi momentum pemerintah untuk membenahi pembangunan di Berau, terutama terkait tiga program prioritas yakni reformasi pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana, dan penanganansosial. 

TANJUNG REDEB – Pandemi Covid-19 yang terjadi selama beberapa bulan terakhir ini memberikan perubahan dalam berbagai sektor, termasuk dalam pembangunan di tingkat nasional hingga daerah.

Reformasi pelayanan kesehatan, penanggulangan bencana dan penanganan masalah sosial menjadi fokus utama yang akan dijalankan kedepannya.

Disampaikan Kepala Bapelitbang Berau Agus Wahyudi, dengan adanya perubahan tema pembangunan dari pemerintah pusat ini, otomatis diikuti oleh Pemerintah Kabupaten Berau. Dijelaskan bahwa kedepannya tiga sektor ini bakal menjadi fokus utama yang akan dijalankan.

“Selain infrastruktur dasar, namun kesehatan, sosial dan penanggulangan bencana ini akan menjadi prioritas juga,” ujarnya.

Agus mengatakan, seperti program sosial kemasyarakatan merupakan fokus utama yang akan dilaksanakan Pemkab Berau. Melalui program-program unggulan yang telah disusun OPD.

Menurutnya, program sosial kemasyarakatan merupakan upaya-upaya pemkab dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Batiwakkal. Program ini sendiri lebih berfokus pada pembinaan, pemberian bantuan serta peningkatan kualitas SDM masyarakat.

Dengan adanya pondasi tersebut, diharapkan mampu membuat masyarakat menjadi lebih mandiri.

“Jadi jika ada kondisi seperti sekarang ini kita bisa lebih siap. Seperti pemberian BLT, karena sifatnya mendadak jadi pendataan pun tidak terlalu efektif dilakukan. Tentu kedepan kita harus lebih bersiap, dalam hal data ataupun pembangunan lainnya di bidang sosial kemasyarakatan,” jelasnya.

Kemudian untuk kegiatan yang mengarah pada kesehatan. Ia menilai, program ini merupakan hal wajib yang terus dilakukan dan dipenuhi pemerintah. Dampak covid-19 ini menjadi momentum untuk melakukan pembenahan dalam bidang kesehatan.

“Sejak awal kita harus siap dan melakukan pembenahan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian serupa. Ini merupakan bagian yang sangat penting sehingga kita tidak kewalahan nantinya,” katanya.

Begitu juga dengan penanggulangan bencana yang tak bisa terpisahkan dalam kesiapan pembangunan di daerah. “Tiga bidang ini menjadi sektor yang perlu dimaksimalkan lagi. Sebagai persiapan kita kedepannya,” pungkasnya. (adv/hms5)

 

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved