Virus Corona di Berau

Program Pemkab Berau, Cetak Kartu Keluarga, Akte Lahir dan Akte Mati Bisa Cetak Sendiri di Rumah

Pemerintah Kabupaten Berau ( Pemkab Berau ), mulai menjalankan tatanan baru ( new normal ) di tengah pandemi Corona atau covid-19.

TRIBUNKALTIM.CO/GEAFRY NECOLSEN
Seorang warga tengah mengurus akta kelahiran anak di Kantor Disdukcapil Kabupaten Berau belum lama ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau ( Pemkab Berau ), mulai menjalankan tatanan baru ( new normal ) di tengah pandemi Corona atau covid-19, salah satunya membuka pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam penerapan new normal tersebut, Disdukcapil kembali membuka layanan tatap muka dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji mengatakan, menyambut new normal, Disdukcapil mengoptimalkan layanan lewat aplikasi Disdikcapil Berau.

"Jadi masyarakat bisa melakukan WhatsApp call center dan juga bisa lewat facebook. Disitu tertera nomor saya, kepala bidang lewat aplikasi,” Kata David Pamuji.

Baca Juga: Kementerian Agama Terbitkan Panduan Layanan Menikah di Situasi New Normal Covid-19

Baca Juga: Cara Atasi Trauma Hilangkan Rasa Sedih ala Psikolog, Berangkat dari Curhatan Wanita Gagal Menikah

Lanjut David Pamuji hal itu dilakukan untuk mengurangi massa yang berkumpul di kantor Disdukcapil. Juga mengurai jumlah warga yang ingin mengurus Adminduk. Untuk mencegah penyebaran covid-19 di Berau.

"Warga yang datang kami batasi untuk antrian. Pelayanan mulai pukul 07.30 Wita hingga 12.00 Wita dan nomor antrian hanya 70 hingga 80 antrian, sedangkan untuk sore hanya 30 sampai 40 warga,” jelasnya.

Kepala Disdukcapil Berau itu menambahkan untuk layanan perekaman bisa dilaksanakan di 4 kecamatan yakni Talisayan, Biatan, Maratua dan Pulau Derawan, Kabupaten Berau Kalimantan Timur.

Baca Juga: Pemkab PPU Menagih Warung yang Menunggak Bayar Sewa Lahan Pemerintah Penajam Paser Utara

Baca Juga: Layanan Administrasi Kependudukan Dikeluhkan, Disdukcapil Kaltara Minta Nomor Kontak Ditambah

Untuk layanan pengambilam dokumen Kartu Kelurga (KK) dan akte lahir dan akte mati bisa lewat aplikasi dapat cetak sendiri dokumennya di rumah dengan kertas HVS 80 gram tanpa harus ke kantor Disdukcapil.

"Untuk KTP dan KIA dapat mengambil langsung ke kantor dengan mematuhi protokol kesehatan diantaranya, wajib pakai masker, cek suhu, cuci tangan dan jaga jarak,” tegasnya.

Sedangkan untuk layanan legalisir tidak pakai antrian tetapi langsung proses. Agar masyarakat tidak perlu mengantri terlalu lama.

( TribunKaltim.co )

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved