Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Jadi Kampung Maju di Pedalaman Berau, Internet Gratis hingga Listrik Tersedia di Merabu

“Kami bersyukut bisa menjadi kampung maju walaupun tidak ada perusahaan di kampung kami tapi bisa terus berkembang dan maju,” ucapnya.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
KAMPUNG MAJU - Masyarakat kampung Merabu di pedalaman Sungai Kelay, Kabupaten Berau kini mudah mendapat informasi apa pun di dunia melalui jaringan internet yang sudah tersedia. Kampung ini merupakan salah satu kampung berstatus maju di Kaltim. 

TANJUNG REDEB - Berada jauh di pedalaman Kabupaten Berau, tidak menjadikan Kampung Merabu di Kecamatan Kelay menjadi daerah tertinggal. Infrastruktur dasar di kampung berslogan “Merabu Asik” ini telah terpenuhi dan Merabu kini menjadi salah satu kampung berstatus maju di Bumi Batiwakkal.

Kepala Kampung Merabu, Agustinus, mengatakan kampungnya yang berpenduduk lebih dari 300 jiwa kini telah menikmati terang dengan dukungan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) komunal, begitunkuga air bersih yang tersambung ke setiap rumah warga.

Sejak dua tahun terakhir masyarakat Merabu juga sudah menjangkau informasi dunia melalui internet. Jaringan telekomunikasi telah tersedia dan masyarakat bisa mengakses internet gratis melalui wifi di kantor Kepala Kampung.

“Untuk kebutuhan dasar sudah ada listrik, air bersih dan jaringan internet sudah ada. Merabu ini salah satu kampung maju di Kelay,” ungkapnya.

Menjadi kampung berstatus maju, tentu mendapat penilaian tersendiri dari berbagai bidang pembangunan yang tercapai dalam indek membangun desa. Sehingga capain ini dikatakan Agustinus menjadi semangat bagi warganya yang mayoritas berprofesi sebagai petani untuk terus membangun kampung.

Masyarakat Merabu yang hidup berdampingan dengan alam terus berupaya menjaga kelestarian hutan dan kawasan gunung kapur atau karst yang membentang di pedalaman ini.

“Kami bersyukut bisa menjadi kampung maju walaupun tidak ada perusahaan di kampung kami tapi bisa terus berkembang dan maju,” ucapnya.

Kampunh Merabu kini juga menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Bumi Batiwakkal. Dukungan dari berbagai pihak, pemerintah maupun nom goverment organization (NGO) menjadikan Merabu semakin maju dan dikenal tidak hanya nasional tapi bahkan Internasional.

Wisatawan sudah mulai banyak datang ke Merabu untuk menikmati keindahan alam dan menjelahi pegunungan karst. Meskipun pandemi covid-19 saat ini dikatakan Agustinus ikut mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan yang mengalami penurunan. Akan tetapi dirinya yakin kedepan wisatawan ke Merabu akan kembali meningkatkan dan akhirnya juga akan turut menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. (adv/Hms7)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved