Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Jadi Harapan Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Kubar Terus Kembangkan Lahan Pertanian

“Harapannya jika semakin luas petani menanam padi, maka bisa dipastikan produksi juga akan bertambah,” ucapnya.

HUMASKAB KUBAR
DISKUSI - Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan (ketiga kiri) member arahan kepada jajarannya terkait pengembangan lahan varietas, usai ia menyerahkan benih padi berupa gabah kering kepada petani secara simbolis di Rapak Oros Kampung Linggang Amer, pekan lalu. 

SENDAWAR- Kemajuan sektor pertanian menjadi harapan pertumbuhan ekonomi di Kutai Barat dan Indonesia. Seiring dengan itu, Pemkab Kubar terus menggalakkan pengembangan lahan pertanian untuk meningkatkan produksi pangan.

Sekretaris Dinas Pertanian Kubar, Nanang Andriani, menyebutkan ada beberapa hal yang membuat lokasi lahan di Rapak Oros Kampung Linggang Amer, Kecamatan Linggang Bigung menjadi harapan pertanian di masa mendatang.

Di antaranya, lahan potensi sudah berpengairan teknis, akses jalan bisa dijangkau relatif mudah dan dekat dengan pasar relatif aman dari banjir. Lahannya juga bisa digunakan untuk berbagai usaha atau diversifikasi selain padi.

“Seperti pelihara ikan, ternak, dan tanaman hortikultura dan palawija,”kata Nanang Andriani, beluma lama ini.

Dia menambahkan, Rapak Oros memiliki luas potensi lahan yang bisa diairi pengairan sekitar 520 hektare dan lahan yang produktif ditanami padi seluas 155 hektare, dengan jumlah 11 kelompok tani dan total anggotanya sekitar 500 petani.

Adapun varietas padi yang sering ditanam oleh petani diantaranya, Inpari 33, Mikongga, IPB dan Tri Sakti. Rata-rata produksi sekitar 3,5 ton. Jumlah produksi berbanding lurus dengan luas tanam dan peluang pasar cukup terbuka.

“Harapannya jika semakin luas petani menanam padi, maka bisa dipastikan produksi juga akan bertambah,” ucapnya.

Selain menanam padi, petani juga menanam sayur-mayur dan jenis palawija lainnya. “Kesemuanya itu mempunyai nilai ekonomi dan nilai tambah bagi petani,”ujarnya. (adv/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved