Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Semua Elemen Masyarakat Diminta Aktif Cegah Narkoba di Kaltim, Jahidin: Tidak Perlu Takut Lapor!

"Kita harus benar-benar menerapkan sistem informasi yang akurat terkait narkoba dan juga peran serta atau partisipasi masyarakat

HUMAS DPRD KALTIM
Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin. 

SAMARINDA - Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Jahidin, mengatakan tingginya jumlah pengguna narkoba dan letak geografis yang berbatasan dengan beberapa negara membuat Kaltim menjadi salah satu daerah dengan peredaran narkoba terbesar, dengan jaringan tidak hanya nasional bahkan internasional.

Oleh sebab itu, lanjutnya, melihat kondisi Kaltim yang dalam status darurat narkoba, maka Kaltim harus memperkuat perangkat hukum termasuk peraturan daerah. Dalam hal ini tentunya memberantas peredaran narkoba harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

"Kita harus benar-benar menerapkan sistem informasi yang akurat terkait narkoba dan juga peran serta atau partisipasi masyarakat dalam hal itu," ucap politisi PKB ini.

Sistem informasi dimaksud, jelas Jahidin, dibuat pemerintah provinsi melalui dinas terkait dan sekurang-kurangnya memuat tentang institusi penerima wajib lapor, daerah rawan peredaran narkoba, daftar tempat rehabilitasi medis dan sosial, serta daftar kasus narkoba yang semuanya dibuat dalam bentuk media dalam jaringan yang mudah di akses masyarakat.

Sedangkan partisipasi masyarakat, kata politisi asal dapil Samarinda ini adalah dalam wujud memberikan informasi tentang adanya dugaan tindak pidana narkoba kepada instansi berwenang atau BNNP Kaltim.

"Masyarakat tidak perlu takut, karena penyampaian informasi dilindungi haknya secara hukum. Semoga dengan adanya partisipasi masyarakat perlahan-lahan Kaltim dapat menjadi daerah bebas narkoba," harap Jahidin. (advertorial/hms8)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved