Breaking News:

Tahapan Pilkada Mulai Bergulir, KPU Berau Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 5 Sasar Instansi Terkait

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau menggelar sosialisasi Peraturan KPU atau PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan pemilihan kepala daerah.

Penulis: Ikbal Nurkarim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Ketau KPU Berau, Budi Harianto membawakan materi di acara sosialisasi PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan Pilkada, Rabu (24/6/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau menggelar sosialisasi Peraturan KPU atau PKPU nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan pemilihan kepala daerah.

Sosialisasi yang dikemas dengan acara coffee morning itu berlangsung di Palmy Sky Lounge, Jl S.A Maulana, Kecamatan Tanjung Redeb, Berau, Rabu (24/6/2020).

Ketua KPU Berau Budi Harianto mengatakan sosialisasi tersebut merupakan sosialisasi perdana setelah tahapan Pilkada kembali diaktifkan sejak 15 Juni lalu.

"Ini yang pertama setelah pengaktifan kembali penundaan tahapan pilkada kemarin, sejak tanggal 15 diaktikan hari ini sosialisasi kita pertama," katanya.

Baca juga: Keyakinan Jerinx Virus Corona Adalah Konspirasi dan Persoalan Bisnis Makin Kuat Setelah Lihat Ini

Baca juga: Kisah Pilu dari Madura, Ayah, Ibu & Adik Dokter Anang Meninggal karena Corona, Kini Anang Menyusul

"Sosialisasi PKPU nomor 5 hari ini sasarannya yakni instansi terkait untuk mengetahui tahapan pilkada 2020," tuturnya.

Dalam sosialisasi tersebut dibahas mengenai penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Meski belum mendapat juknis protokol kesehatan covid-19 dari KPU RI, namun Budi Harianto mengaku akan selalu melakukan sosialisasi terkait Pilkada dengan protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, physical distancing dan rutin cuci tangan.

Dalam rangka menyiapkan Alat Pelindung Diri atau APD, Ketua KPU juga mengaku telah mengajukan permohonan penambahan anggaran untuk APD.

Baca juga: Referendum Tolak Kelapa Sawit sampai di Mahkamah Konstitusi Swiss, Bagaimana Selanjutnya?

Baca juga: Paman Potong Kelamin Remaja 16 Tahun, Tak Terima Dengar Keponakannya Dicabuli

"Juknisnya belum ada. Namun intinya kita diwajibkan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada harus menggunakan APD dan selalu koordinasi dengan gugus tugas," tuturnya.

Budi Harianto menjelaskan, jika pandemi Virus Corona atau covid-19 semakin mewabah hingga pemungutan suara bisa saja Pilkada kembali ditunda sesuai PKPU, namun ia berharap hal itu tak terjadi dan covid-19 bisa diatasi.

Dalam acara tersebut hadir juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Thamrin sebagai pemateri membahas mengenai penerapan protokol kesehatan covid-19. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved