Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Sajikan Video Dokumenter 90 Detik, Pemkab Kubar Ikut Lomba Inovasi Daerah Penyiapan Normal Baru

Pada salah satu sektor wisata Pemkab Kutai Barat menampilkan keindahan panorama alam Kutai Barat yaitu Danau Aco

HUMASKAB KUBAR
PERSIAPAN VIDEO - Tim dari Bagian Organisasi Setkab Kubar berkoordinasi dengan Camat Linggang Bigung terkait pwrsiapan pembuatan video pendek di lokasi wisata Jantur Tabalas. Video tersebut nantinya akan diikutkan dalam Lomba Inovasi Daerah dalam Kehidupan Normal Baru. 

SENDAWAR- Demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan saat ini, menuntut adanya inovasi. Terobosan baru untuk melaksanakan pembangunan dengan mempertimbangkan seluruh aspek baik humanisme, ilmu pengetahuan, politik, ekonomi hingga khasanah budaya.

Dengan adanya inovasi tentu saja mendukung laju pertumbuhan suatu daerah. Bagi daerah diperlukan analisis dan kajian potensi yang kemudian diharapkan akan menstimulan perkembangan daerah, seiring kebutuhan inovasi sebagai tantangan pembangunan kemudian dihadapkan dengan situasi nasional pandemi covid-19.

Hal inilah yang melatarbelakangi pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri untuk mengarahkan seluruh jajaran pemerintah daerah berinovasi, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan pandemi C-19.
Arahan tersebut bertemakan, ”Penyiapan Tatanan Kehidupan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19”.

Inovasi ini dilombakan dengan maksud memacu berbagai pemikiran serta kreativitas pemerintah daerah. Terlaksananya kegiatan ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya untuk mendorong gerakan nasional, membuat dan melaksanakan protokol covid-19 dari, oleh dan untuk daerah.

Juga untuk membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali, menjadikan kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis, prakondisi dalam membuat simulasi secara massif oleh pemerintah provinsi, kabupaten/kota serta mendapatkan model protokol covid-19 pada 7 sektor.

Untuk itulah, Pemkab Kutai Barat melalui Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Kutai Barat beberapa waktu lalu telah merancang inovasi dimaksud.

Dalam materi yang dipresentasikan melalui video dokumenter berdurasi 90 detik, mendeskripsikan ragam upaya pencegahan dan penanggulanggan covid -19 di sektor pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata, transportasi umum.

Pada lomba tersebut dilaksanakan penilaian dengan dasar kesesuaian protokol covid-19, aplikatif, kekuatan gagasan dan kerjasama. Untuk wilayah pemprov Kalimantan Timur, Pemkab Kutai Barat menjadi salah satu kabupaten dari 9 kabupaten/kota yang berpartisipasi.

Pada salah satu sektor wisata Pemkab Kutai Barat menampilkan keindahan panorama alam Kutai Barat yaitu Danau Aco dan juga kesigapan, tanggap darurat serta konsistensi Kampung Linggang Melapeh yang hingga kini menyediakan pos pemantauan Covid-19 dan portal dengan kerjasama dengan Karang Taruna.

Kabag Organisasi, Erik Victory SSos, M Si menyampaikan keterlibatan Pemkab Kutai Barat ini sebagai wujud partisipasi aktif sebagai bagian pemerintah telah melaksanakan tanggap covid-19.

Paparan singkat dalam bentuk dokumentasi video ini diharapkan dapat mendorong peningkatan pemahaman masyarakat di berbagai sektor untuk turut berpartisipasi menanggulangi dan mencegah wabah covid-19, juga mempersiapkan diri melakukan ragam perubahan sikap serta pola perilaku baru yang sadar akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

Perlu diketahui, kegiatan lomba ini diikuti oleh 34 provinsi, 331 kabupaten, 87 kota dan 23 kabupaten tertinggal. (advertorial/hms02/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved