Breaking News:

New Normal di Balikpapan

Kelanjutan Relaksasi Retribusi Pasar Masih Dibahas, Pemkot Balikpapan Khawatir tak Punya Cukup Dana

Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) masih belum bisa memastikan kelanjutan dari kebijakan relaksasi retribusi.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Walikota Balikpapan Rizal Effendi. Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) masih belum bisa memastikan kelanjutan dari kebijakan relaksasi retribusi terhadap beberapa fasilitas tempat seperti pasar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan ( Pemkot Balikpapan ) masih belum bisa memastikan kelanjutan dari kebijakan relaksasi retribusi terhadap beberapa fasilitas tempat seperti pasar.

Menurutnya masa relaksasi retribusi yang kebijakannya hanya berlaku tiga bulan, sejak April, Mei, hingga Juni, masih dalam pembahasan.

"Belum, belum selesai, belum nambah kita, sama Pak Sekda masih terus rapat anggaran," kata Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Jumat (26/6/2020).

Rizal pun mengaku khawatir, lantaran bila kebijakan relaksasi itu diperpanjang maka ia tak punya cadangan dana yang cukup untuk mengantisipasi pandemi yang berkepanjangan.

Baca Juga: Kementerian Agama Terbitkan Panduan Layanan Menikah di Situasi New Normal Covid-19

Baca Juga: Cara Atasi Trauma Hilangkan Rasa Sedih ala Psikolog, Berangkat dari Curhatan Wanita Gagal Menikah

Sebagaimana relaksasi retribusi pasar rakyat diterapkan pemerintah kota Balikpapan berpotensi kehilangan sekira Rp513 juta dalam waktu tiga bulan.

"Ini bisa berbahaya karena kalau daerah tidak ada yang bisa dilakukan. Jadi kita harus berhati-hati dalam penyusunan persiapan APBD perubahan," ujarnya.

Jika daerah tak memiliki anggaran, lanjutnya, akan sulit untuk melakukan penanganan covid-19. Apalagi anggaran daerah juga minim, karena pendapatan asli daerah (PAD) anjlok hingga 50 persen akibat pandemi covid-19.

"Kalau pusat masih bisa cetak uang, jual surat berharga, bisa pinjam ke luar negeri, kalau daerah tidak bisa," sebutnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved