Anda Pernah Mengalami Bintitan, Ini Penjelasanya Menurut Ahli, Lengkap dengan Cara Mencegahnya

Anda pernah mengalami bintilan, Ini penjelasanya menurut ahli, Lengkap dengan cara mencegahnya

Hellosehat.com
Ilustrasi bintitan 

TRIBUNKALTIM.CO - Anda pernah mengalami bintitan, Ini penjelasanya menurut ahli, Lengkap dengan cara mencegahnya

Mata bintitan atau tumbuhnya benjolan jerawat di pinggir kelopak mata, merupakan permasalahan mata yang banyak dialami beberapa orang.

Terkadang mata bintitan ini timbul akibat waktu tidur yang berantakan karena bergadang saat ada urusan pekerjaan maupun kegiatan lainnya.

Alhasil banyak masyarakat yang mengira bintitan timbul karena bergadang.

Namun benarkah bergadang yang membuat timbulnya mata bintitan?

Dokter spesialis mata dr. I Gusti Ayu Made Juliari, Sp.M (K) menyebutkan sebenarnya faktor utama pencetus mata bintitan bukan karena bergadangnya.

Bergadang yang menimbulkan bintitan itu kalau saat bergadang tidak memperhatikan kebersihan tangan, lalu tangan yang kotor itu asal saja mengucek mata sehingga membuat timbulnya bintitan.

"Pas bergadang memegang mata atau mengusap kelopak mata dan tangannya gak bersih itu yang memicu terjadi bintitan, bukan begadang secara langsuhg sih," ungkap dr. Ayu saat live bersama Radio Kesehatan, Senin (29/6/2020).

Secara medik bintitan atau yang dalam istilah medik disebut dengan hordeolum timbul karena adanya infeksi akibat bakteri yang masuk ke dalam mata.

 Mobil Alphard Via Vallen Dibakar Orang, Pelakunya Tertangkap CCTV

 Update Bursa Transfer, AC Milan Dapatkan Pengganti Ibrahimovic, Juventus dan Barcelona Tukar Guling

Ilustrasi menjaga kesehatan mata.
Ilustrasi menjaga kesehatan mata. ((THINKSTOCKS))

Bakteri paling mudah dihantarkan oleh tangan kotor saat mengucek mata yang gatal atau saat membenarkan makeup di mata.

"Jadi bintitan itu infeksi di kelenjar mata, infeksi bisa karena bakteri bakteri yang ada di jalan atau tangan gak bersih pegang-pegang mata," kata dr. Ayu.

Itulah mengapa kebiasaan mencuci tangan sangat penting diterapkan sebagai gaya hidup karena tangan bisa menjadi pembawa penyakit termasuk di masa pandemi covid-19 ini.

Pemerintah dan tenaga Kesehatan selalu mengingatkan untuk mencuci tangan karena mungkin saja tangan memegang benda yang terdapat droplet pasien positif covid-19 yang bisa masuk dari mulut, mata maupun hidung.

"Sebisa mungkin tidak menyentuh mata kalau ada sesuatu di mata ingat cuci tangan dulu sebersih mungkin baru menyentuh mata," ungkap dr. Ayu.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com

Editor: Nur Pratama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved