Assessment Online Jauh Lebih Efisien, 28 Peserta Lelang Jabatan Tak Perlu Terbang ke Surabaya

Lelang empat Jabatan Pimpinan Tinggi atau JPT Pratama di lingkungan Pemkab Paser telah memasuki tahapan terakhir seleksi. Ada 28 peserta lelang

TRIBUNKALTIM.CO, SARASSANI
Peserta lelang JPT Pratama di lingkungan Pemkab Paser mengikuti assessment test secara online dengan Tim Assessment BKPSDM Provinsi Jatim, Selasa (30/6/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER – Lelang empat Jabatan Pimpinan Tinggi atau JPT Pratama di lingkungan Pemkab Paser telah memasuki tahapan terakhir seleksi. Ada 28 peserta lelang yang ikut uji kompetensi atau assessment test untuk empat jabatan Asisten, Kepala Dinas ( Kadis ) dan Kepala Badan ( Kaban).

Assessment test sendiri menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pelatihan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ) Kabupaten Paser Suwito, Selasa (30/6/2020), sudah dimulai kemarin. “Assessment test digelar 29 Juni-2 Juli 2020. Hari ini dua jabatan menyelesaikan tahapan seleksinya,” kata Suwito.

Dua jabatan tersebut adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Paser dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbangpol ). “Kemarin peserta sudah melakukan tahapan pertama assessment test, hari ini lanjutkannya,” sambungnya.

Besok, lanjut Suwito, giliran peserta lelang jabatan Kepala Dinas Perkebunan Peternakan dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) yang mengikuti assessment test, yakni metode yang mengukur bakat dan kemampuan seseorang untuk menduduki jabatan yang dilamarnya.

Baca juga; Pengawalan Ketat TNI - Polri ke 105 TKA China yang Tiba di Sulawesi Utara, Anggota DPRD Ikut Demo

Baca juga; NEWS VIDEO Penerimaan Siswa PPDB Jalur Reguler Dibuka, SMKN 1 Samarinda Siapkan Posko Pengaduan

Untuk assessment test ini, Pemkab Paser bekerjasama dengan BKPSDM Provinsi Jawa Timur (Jatim). Namun peserta lelang tak perlu terbang ke Surabaya, karena BKPSDM Paser telah memfasilitasi tempat dan peralatan pendukung agar proses assessment test bisa dilaksanakan di Kabupaten Paser.

“Jadi proses assessment test secara virtual, tim assessor dari BKPSDM Jatim mewawancarai setiap peserta lelang jabatan. Dengan begitu kegiatan yang kami fasilitasi ini telah memenuhi ketentuan yang disyaratkan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Paser,” ungkapnya.

Begitu pula tahapan penulisan makalah, persentase dan wawancara. Semua tahapan itu juga mengacu protokol kesehatan, bahkan salah satu unsur Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama, yakni BKD Kaltim melakukan sesi wawancara secara virtual dari Samarinda.

Konsep assessment online ini, kata Suwito, jauh lebih efesien dibandingkan assessment test terdahulu. Selain membayar kontribusi, peserta juga harus menanggung biaya perjalanan dari Tanah Grogot-Surabaya.

Halaman
12
Penulis: Sarassani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved