Disdikbud Kukar Imbau Orangtua Tetap Daftar Lewat PPDB Online, Server Sudah Kembali Normal

Terkait maraknya orangtua calon peserta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang datang langsung ke sekolah, Dinas Pendidikan Kutai Kartanegara memin

TRIBUNKALTIM.CO/SAPRI MAULANA
Kepala Pusat Data dan Informasi Pendidikan Disdik Kukar Pujianto (kiri) didampingi Plt Kepala Disdik Kukar Ikhsanuddin Noor (kanan) dan Kabid Pendidikan Dasar, Tulus Sutopo (tengah) di Kantor Disdik Kukar, Tenggarong, Selasa (30/6/2020). Pihak Disdikbud Kukar mengimbau orangtua tetap mendaftar lewat PPDB online. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG- Terkait maraknya orangtua calon peserta Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang datang langsung ke sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dsisdikbud) Kutai Kartanegara meminta pendaftaran agar dilakukan secara online.

"Kemarin sekitar jam 8 memang server (pendaftaran online) sempat down. Tapi habis itu normal kembali," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Pendidikan Disdikbud Kukar Pujianto saat ditemui di Kantor Disdik Kukar, Jalan Lais, Tenggarong, Selasa (30/6/2020).

Kondisi server down membuat orangtua pendaftar PPDB panik, kemudian ramai-ramai ke sekolah.

"Padahal jam 8 lewat itu jaringan sudah bagus lagi," kata Pujianto.

Penyebab server down, belum diketahui secara pasti. Pujianto menjelaskan saat itu bukan hanya website Disdikbud Kukar yang terganggu, hal serupa juga dialami oleh website sekolah.

"Bisa kita cek di SMPN 2 dan 3, proses pendaftaran PPDB berjalan lancar," kata Pujianto.

Sementara untuk kondisi di SMPN 1, Disdikbud Kukar menjelaskan pihaknya langsung ke lapangan untuk mengetahui kondisi sebenarnya.

Baca juga: 4 Fakta dan Video Detik-detik Walikota Risma Sujud dan Menangis di Kaki Dokter, Jadi Trending Topic

Baca juga: Laporannya Ditolak Kasat Reskrim, Anak Kandung yang Ingin Penjarakan Ibunya Dikabarkan Lapor Polda

Dari hasil kunjungan tersebut, terdapat sejumlah hal yang perlu dievaluasi, di antaranya proses verifikasi harus diserahkan langsung.

"Ke depan akan kami perbaiki. Untuk saat ini, orangtua siswa yang sudah menyerahkan berkas dan melampirkan nomor telepon, hasil verifikasi akan kami kirim melalui WhatsApp," kata Pujianto.

Disinggung kekurangan website PPDB Disdikbud Kukar, Pujianto tak memungkiri hal tersebut, di antaranya tidak tersedia untuk mengunggah berkas, seperti lampiran kartu keluarga, surat keterangan lulus, termasuk titik koordinat rumah orangtua pendaftar.

Sebagai informasi, untuk mendaftar jalur online, para orangtua dapat membuka website ppdbkukar.id. (*)

Penulis: Sapri Maulana
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved