Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kubar Targetkan Beri Pelayanan KB Kepada 1.000 Lebih Akseptor di Harganas 2020

pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara serentak di setiap puskesmas di 16 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat.

HUMASKAB KUBAR
PELAYANAN KB - Kepala Seksi Penggerakan, Advokasi dan KIE Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kutai Barat, Lina Claudia menyaksikan pelayanan KB di Puskesmas Barong Tongkok, Senin (29/6/2020) dalam rangka Harganas 2020. 

SENDAWAR - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kutai Barat melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) secara serentak di setiap puskesmas di 16 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Target pelayanan akseptor KB di Kabupaten Kutai Barat pada 29 Juni 2020 yakni IUD 40 akseptor, Implant 48 akseptor, Suntik 342 akseptor, Pil 447 akseptor dan Kondom 239 akseptor. Ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII 2020.

Pelayanan KB yang dilaksanakan secara simbolis di Puskesmas Barong Tongkok, bertepatan dengan Pelayanan KB 1.000.000 akseptor secara serentak di seluruh Indonesia yang akan dicatatkan dalam Museum Rekor Indonesia (MURI), Senin (29/6/2020), dengan tetap memperhatikan standar protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Lebih lanjut Kepala Seksi Penggerakan, Advokasi dan KIE, Lina Claudia SH M Si menuturkan, Harganas diperi8ngati dengan maksud untuk mengingatkan masyarakat Indonesia dan khususnya Kubar akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

“Keluarga diharapkan menjadi sumber yang selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi berbagai persoalan yang terjadi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Lina Claudia mengharapkan peran aktif masyarakat Kabupaten Kutai Barat sebagai Peserta KB dan Peserta KB Baru, yang termasuk dalam kriteria Pasangan Usia Subur (PUS). Pasangan Usia Subur adalah pasangan suami istri yang sah berusia istrinya antara 15-49 tahun yang kemudian dibagi tiga kelompok di bawah usia 20 tahun, antara 20-35 tahun dan usia di atas 35 tahun.

Lina Claudia juga memaparkan, peringatan Harganas dalam situasi Pandemi Covid-19, dilakukan secara sederhana dengan memberikan Pelayanan KB kepada masyarakat. Pelayanan KB dilakukan secara serentak pada 29 Juni 2020 di setiap puskesmas di 16 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat.

Melalui pelayanan KB serentak ini pula masyarakat diingatkan pentingnya penggunaan alat kontrasepsi terutama di masa pandemi Covid-19, agar penggunaan alat kontrasepsi jangan sampai terputus, dan mengantisipasi kehamilan di luar program KB selama masa pendemi covid-19. Sebag bagi sebagian ibu hamil, kondisi tubuh bisa saja mengalami penurunan, dan dikhawatirkan rentan penularan Covid-19 dan masalah kesehatan lainnya.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved