Breaking News:

Bencana Covid-19 Perspektif Pengembangan SDM

AWAL 2020 dunia dihebohkan dengan virus corona pertama kali di Cina dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Bencana ini memaksa beberapa negara untuk

freepik
illustrasi 

AWAL 2020 dunia dihebohkan dengan virus corona pertama kali di Cina dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Bencana ini memaksa beberapa negara untuk menutup akses maupun membatasi akses penduduknya dalam suatu wilayah atau dikenal pembatasan sosial baik berskala besar maupun kecil.

Akibatnya baik langsung dan tidak langsung memaksa penduduk dunia untuk beristirahat sejenak namun demikian aktivitas dan kegiatan manusia tidak dapat berhenti begitu saja karena proses organisasi , ekonomi, sosial dan masyarakat tidak dapat berhenti terus menerus namun disisi kesehatan kondisi ini dianggap sebagai pemutus mata rantai penyebaran covid-19 dan bagian pencegahan dari covid-19.

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) memiliki perspektif yang berbeda dari perspektif kesehatan maupun ekonomi. Sebagaimana Gilley dan Eggland (1989) dan Nadler & Nadler (1989) dalam Sofo, F (2003:81). menjelaskan bahwa pengembangan sumber daya manusia sebagai bentuk pembelajaran yang terorganisir yang diberikan pemilik organisasi dalam jangka waktu tertentu untuk membawa kemungkinan perbaikan kinerja atau dengan pertumbuhan personal.

Lebih lanjut disampaikan oleh Watkins, K (1989) dalam Sofo, F (2003:82) bahwa pengembangan sumber daya manusia sebagai bidang studi dan bertanggung jawab praktis untuk membantu perkembangan kapasitas pembelajaran pada tingkat individu, kelompok dan organisasi untuk jangka panjang. Kemudian Swanson (2009) menyebutkan lagi bahwa pengembangan sumber daya manusia sebagai hal yang komprehensif dalam praktek interaksi manusia termasuk dengan proses-proses, peralatan, sistem, orang lain bahkan dengan dirinya sendiri.

Bukan itu saja pengembangan SDM adalah praktek pengembangan dan perlunya saling kerja sama dengan bidang lain dalam hubungan saling mendukung dan saling menguntungkan untuk mencapai apa yang ingin diinginkan secara individu dan organisasi. Pendapat ini didukung oleh Stewart dan McGoldrick (1996) dalam Sofo, F (2003:82) yang menyatakan bahwa pengembangan sumber daya manusia adalah strategis dan suatu proses yang praktis juga fungsional, yang mencerminkan pendekatan manusiawi untuk mengorganisir dan mengatur daripada rasionalisme ekonomi pendekatan manajemn ilmiah.

Lebih lanjut disampaikan oleh Mezirow, 1995 dalam Sofo, F (2003:83) bahwa pengembangan sumber daya manusia merujuk kepada bentuk kebiasaan, pemikiran, perilaku dan interaksi yang lebih baik dalam konteks professional dan personal.

Bukan itu saja pendekatan pengembangan sumber daya manusia yang efektif adalah menghargai manusia dari perasaan, identitas dan tujuan yang lebih luas dalam konteks produktivitas dan kapabilitas pada level personal, sosial dan spiritual. Oleh karena itu pertumbuhan yang bermula dari individu dan keluar kelompok kemudian organisasi.

Pertumbuhan mencakup pada fokus personal dalam kepercayaan diri, rasa kebebasan, keseluruhan, identitas yang semuanya merupakan pertumbuhan professional. Ciri-ciri pengembangan sumber daya manusia ini meliputi perubahan dan pertumbuhan di semua bidang intelektual, psikomotorik dan ketrampilan, yang berpengaruh atau perilaku dan spiritual yang meliputi bidang sebelumnya.

Pengembangan sumber daya manusia sendiri merupakan elaborasi dan holistik yang artinya untuk dapat mengembangkan sumber daya manusia diperlukan keterkaitan satu dengan lainnya bukan berdiri sendiri.

Meskipun pilihan-pilihan peran yang dihasilkan memiliki ciri spesifik namun demikian tetap saja perubahan yang terjadi merupakan proses keterkaitan satu dengan yang lain. Seperti hal yang disampaikan oleh Sofo, F (2003:83) dan Swanson (2009:99) bahwa untuk mendapatkan proses kerja yang tepat membutuhkan beberapa pendekatan berbagai displin ilmu yang lain seperti psikologi, ekonomi, sosiologi, antropologi.

Halaman
12
Tags
Opini
Editor: Tohir
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved