Virus Corona

Cara Bantu UMKM Bangkitkan Usaha Kala Pandemi Covid-19, Kemenkop UKM Ajak GoFood Lakukan Hal Ini

Cara bantu UMKM bangkitkan usaha kala pandemi covid-19 atau Corona, Kemenkop UKM Mengajak GoFood

TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI
Ilustrasi pelaku UMKM di Balikpapan. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI ( Kemenkop UKM ) terus membuat sejumlah terobosan untuk membantu memulihkan kondisi usaha UMKM yang merupakan kelompok usaha yang paling terdampak oleh krisis pandemi Corona atau covid-19. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -  Cara bantu UMKM bangkitkan usaha kala pandemi covid-19 atau Corona, Kemenkop UKM mengajak GoFood.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI ( Kemenkop UKM ) terus membuat sejumlah terobosan untuk membantu memulihkan kondisi usaha UMKM yang merupakan kelompok usaha yang paling terdampak oleh krisis pandemi Corona atau covid-19.

Menteri Koperasi & UKM RI Teten Masduki menyatakan, lebih dari 236.980 pengusaha skala kecil dan menengah telah melaporkan kondisi usaha mereka yang terpuruk di tengah situasi pandemi ini.

Pelaku usaha kecil dan menengah ini mengaku telah kehilangan pendapatan dikarenakan mengalami penurunan permintaan atas produk dan jasa yang ditawarkan.

Baca Juga: Inilah Deretan Harga-harga Sepeda Lipat Merek Pacifik dan Brompton, Ada Tipe E-Bike Rp 35.000.000

Baca Juga: Kisah Dosen IAIN Samarinda Mengajar di Tengah Pandemi Corona, Cara Buat Es Krim Andalkan Garam

Dia menjelaskan, kehilangan pendapatan ini menjadikan kondisi UMKM semakin terhimpit oleh masalah kredit perbankan, di mana mereka pada akhirnya tidak lagi memiliki kemampuan membayar cicilan pembiayaannya.

“Saat ini pemerintah sudah mencoba membantu masalah cashflow ini dengan memberikan restrukturisasi utang mereka selama enam bulan di mana mereka tidak perlu mencicil, lalu subsidi kreditnya dari pemerintah termasuk menghapuskan pajak untuk UMKM,” ungkap Menteri Teten Masduki dalam acara dialog "Resep UMKM Bangkit Bersama GoFood” yang digelar hari ini.

Teten mengaku sudsh turun langsung memantau kondisi UKM di berbagai wilayah di Indonesia.

Dia menegaskan, pemberian kelonggaran atau relaksasi pembayaran, yaitu berupa restrukturisasi pinjaman/pembiayaan kepada mitra penerima dana bergulir program pembiayaan Kemenkop UKM, merupakan salah satu strategi penting untuk menggerakkan kembali roda perekonomian rakyat dengan menghidupkan kembali koperasi dan UMKM di sektor riil.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved