Jelang Hari Raya Idul Adha, Disperindagkop Berau Sebut Harga Daging Masih Relatif Normal

Perayaan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban sudah tinggal menghitung hari. Ini berarti konsumsi daging sapi, kerbau

TRIBUNKALTIM.CO/IKBAL NURKARIM
Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi ( Disperindagkop ) Kabupaten Berau Wiyati 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Perayaan Hari Raya Idul Adha atau yang biasa disebut Hari Raya Kurban sudah tinggal menghitung hari. Ini berarti konsumsi daging sapi, kerbau dan kambing akan meningkat.

Dengan meningkatnya konsumsi daging tersebut biasanya harga akan mengalami lonjakan jelang Hari Raya Idul Adha.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Berau Wiyati menyebutkan harga daging di Bumi Batiwakkal sebutan Kabupaten Berau masih stabil yakni tak terjadi peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Wiyati menjelaskan pada prinsipnya Disperindagkop akan memantau harga-harga termasuk harga daging agar tidak terjadi inflasi.

Baca Juga: Berikut 40 Kumpulan Ucapan Hari Bhayangkara, Cocok Buat Status di Media Sosial WhatsApp Facebook

"Kalau kami pada prinsipnya itu secara keseluruhan memantau harga Jadi kalau misalnya harga daging itu tidak menyebabkan inflasi kami masih belum mengambil tindakan," kata Wiyati ke TribunKaltim.co, Rabu (1/7/2020).

"Dikatakan inflasi apabila harga Het, kenaikannya lebih 25 persen dari harga Het yang telah ditetapkan, misalnya harga daging Rp 100 ribu, tetapi kenaikan harganya itu mencapai Rp 150 ribu, kenaikannya itu mencapai 25 persen sehingga itu yang dikatakan inflasi," jelasnya.

Sehingga lanjut Wiyati jika kenaikan harga daging dipasaran masih di bawah 25 persen masih anggap stabil.

"Kalau untuk menjaga kestabilan harga itu memang domain kita namun untuk mensuplai daging dari luar itu adalah domain dari Dinas pangan bekerjasama dengan Bulog," pungkasnya.

Baca Juga: Hubungan Peppermint dengan Produksi ASI pada Ibu yang Sedang Menyusui, Beginilah Dampaknya

Baca Juga: Hari Ini Rabu 1 Juli 2020, Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Mulai Berlaku, Beginilah Cara Turun Kelas

Sebelumnya anggota DPRD Berau dari Komisi 1 yakni H Nurung meminta Disperindagkop untuk menjaga stabilitas harga terutama harga daging yang banyak dibutuhkan masyarakat menjelang hari raya.

Politisi partai Nasdem itu berharap momentum hari raya tak dijadikan ladang bisnis untuk meraup untung banyak dengan menaikkan harga daging.

"Jangan sampai momen-momen seperti hari raya dimanfaatkan oleh para pelaku usaha. Selain itu kertesdiaan daging dan stabilitas harga perlu diperhatikan oleh Disperindagkop," tegas H Nurung.

( TribunKaltim.co/Ikbal Nurkarim )

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved