Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Kubar Kirim 3 Wakil dalam Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Provinsi Kaltim

Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Perpustakaan Nasional RI secara berjenjang.

HUMASKAB KUBAR
SERAHKAN TROFI - Asisten II Setkab Kubar Ayonius, didampingi Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kubar menyerahkan trofi dan piagam kepada Caroline Sharon Ivone yang meraih juara I Lomba Bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2020, Selasa (30/6/2020). 

SENDAWAR - Caroline Sharon Ivone meraih juara I Lomba Bercerita SD/MI tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2020. Juara II diraih Everinda, dan juara III diraih Anis Handayani, Para pemenang lomba tersebut mewakili Kubar di ajang Lomba Bercerita tingkat Provinsi Kaltim, Selasa (30/6/2020).

Lomba Bercerita mengusung tema “Menumbuhkembangkan Kegemaran Membaca dan Kecintaan terhadadap Budaya Lokal dalam Upaya Membangun Karakter, Kecerdasan, Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda.”

Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Perpustakaan Nasional RI secara berjenjang. Lomba Bercerita yang dilaksanakan di Balai Aji Tulur Jejangkat, turut dihadiri Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan serta pejabat eselon di lingkungan Pemkab Kubar.

Lomba Bercerita bertujuan menumbuhkembangkan budaya gemar membaca, melalui berbagai bacaan untuk menambah cinta budaya bangsa dan menumbuhkembangkan gemar membaca anak-anak terhadap cerita, serta menumbuhkembangkan kecintaan anak-anak terhadap budaya daerah.

Bupati FX Yapan SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Ayonius S Pd MM mengatakan, di era keterbukaan dan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini, kegiatan membaca cerita rakyat tentu tidak terlalu digemari anak-anak. Dengan kemajuan iptek yang sangat pesat di era milenial kini , mereka lebih menyukai menghabiskan waktunya untuk menggunakan gadget untuk mencari segala informasi, bahkan untuk bermain dan menghibur diri.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Yapan secara khusus memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Lomba Bercerita, terlebih Kutai Barat pernah mendapatkan juara I tingkat Kalimantan Timur.

“Saya berharap anak-anak yang mengikuti perlombaan ini bukan hanya mencari kemenangan semata, tetapi kalian nantinya menjadi penggerak untuk teman-teman di sekolah untuk mau membaca buku atau cerita rakyat. Kalian di sini yang merupakan perwakilan setiap sekolah SD/MI diharapkan menjadi generasi muda yang cerdas, berprestasi dan berkualitas ke depannya dengan tidak melupakan sejarah, bahkan asal usul daerah dan semua misteri kehidupan kita yang beradat dan membudaya. Ini merupakan kebanggaan sekaligus identitas kita sekalian. Agar ingatan dan kenangan kita tak akan lekang oleh waktu,” tandas Bupati.

Selanjutnya kepada Dinas Arsip dan Perpustakaan selaku penyelenggara, kiranya program yang dibuat ini dapat terus ditingkatkan di kemudian hari.

“Saya mengharapkan nantinya perpustakaan daerah atau perpustakaan sekolah dapat bekerjasama dengan baik dan lebih optimal dalam menarik minat anak-anak untuk gemar mengunjungi perpustakaan,” tambahnya.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved