Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Upaya Mewujudkan Reformasi Birokrasi, Pemkab Kubar Targetkan Meraih Predikat B

Pemkab Kutai Barat tahun 2020 ini dapat menuju pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government) dan

HUMASKAB KUBAR
PROGRAM PENDAMPINGAN - Tim Organisasi Sekretariat Kebupaten Kutai Barat melaksanakan pendampingan kepada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah. 

SENDAWAR - Gaung reformasi birokasi telah terlaksana semenjak tahun 1997-1998 silam. Kala itu masyarakat menginginkan agar pemerintah sesegara mungkin melaksanakan ragam perubahan dalam penyelenggaraan kehidupan sosial masyarakat hingga berbangsa bernegara.

Tentu saja ini demi terwujudnya kehidupan yang demokratis, tata kelola pemerintah yang lebih baik dan senantiasa mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Reformasi ini kemudian juga membawa dampak yang signifikan di berbagai bidang seperti politik, hukum, ekonomi dan juga birokrasi.

Pada gelombang pertama tidak selaju reformasi birokrasi di bidang lainnya. Hal inilah yang kemudian mendorong terjadinya reformasi pada tahun 2004 dimana pemerintah kembali menegaskan prinsip clean and good governance.

Kedua hal tersebut yang mendasari harapan tercapainya pelayanan publik yang prima. Sembilan tahun lampau, tepatnya pada tahun 2011 seluruh kementerian dan lembaga (K/L) ditargetkan memiliki komitmen dalam melaksanakan proses reformasi.

Yang kemudian pada tahun 2014 secara bertahap dan berkelanjutan hingga 2025 mendatang. Saat itu diharapkan tata kelola birokrasi pemerintahan lebih professional dan berintegritas tinggi.

Demi sukses terlaksananya reformasi tersebut pada tahun 2010, diterbitkanlah Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 dan didukung dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Reformasi Birokrasi Nomor 8 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Permenpan RB nomor 14 tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi RB instansi pemerintah.

Setiap tahunnya pemerintah pusat melaksanakan penilaian, evaluasi dan monitoring secara berkala. Kegiatan ini disebut juga sebagai PMPRB (Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi). Tujuan pelaksanaan PMPRB ini demi mewujudkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas.

Untuk Pemkab Kutai Barat ini, semenjak tahun 2019 lalu telah melakukan PMPRB dengan lokus 10 perangkat daerah yaitu: Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Atap, Badan Kepegawaian Pendidikan Pelatihan Daerah, Badan Perencanaan, Penelitian, Pengembangan Daerah, Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata, Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Dari PMPRB lalu Pemerintah memperoleh nilai 50,68 atau predikat CC. Pada tahun ini dengan lokus yang sama menargetkan untuk perolehan predikat B atau dengan nilai 60,00. Tentu saja hal ini membutuhkan kinerja ekstra karena dari perolehan masukan harus memperhatikan konteks implementasi dan penyempurnaan aplikasi disertai bukti pendukung.

Guna meraih apa yang ditargetkan, jajaran organisasi telah merumuskan beberapa langkah strategis sebagai berikut, melaksanakan sosialisasi dan pendampingan persiapan PMPRB, bahkan bagaimana mengisi dan pemenuhan data pendukung.

Pada akhir Juni telah dilaksanakan evaluasi oleh para accesor dalam hal ini adalah Tim Inspektorat. Perlu adanya sinergitas, komitmen bersama untuk mewujudkan reformasi birokasi ini, kata Kasubbag Kinerja dan Reformasi Birokrasi, Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Barat Suhartono, S.I.Pem.

Berikut organisasi akan terus melakukan fasilitasi ke sejumlah perangkat daerah terkait dan menyusun regulasi terkait pemenuhan data pendukung dimaksud, jelas Suhartono.

Semoga dengan dukungan dari seluruh perangkat daerah, Pemkab Kutai Barat tahun 2020 ini dapat menuju pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government) dan berhasil mencapai target yang kita inginkan yaitu meraih predikat B, imbuhnya. (advertorial/hms02)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved