Breaking News:

Batal Berangkat Haji Tahun Ini Gara-gara Covid-19, 2 Calon Haji asal Nunukan Tarik Biaya Pelunasan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara (Kanwil Kemenag Kaltara), Suriansyah Hanafi, mengatakan terdapat dua jemaah calon haji, yang

Penulis: Amiruddin | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/AMIRUDDIN
Kepala Kanwil Kemenag Kaltara, Suriansyah Han 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Utara (Kanwil Kemenag Kaltara), Suriansyah Hanafi, mengatakan terdapat dua jemaah calon haji, yang mengajukan penarikan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Penarikan pelunasan BPIH dilakukan calon haji, pasca Kemenag RI memastikan pelaksanaan ibadah haji tahun ini dibatalkan.

Pembatalan pelaksanaan ibadah haji merupakan imbas pandemi covid-19 atau Virus Corona yang merebak di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Pelaksanaan ibadah haji tahun ini pun hanya dilakukan secara terbatas, khususnya yang telah mendapat persetujuan oleh Kerajaan Arab Saudi.

"Ada dua orang calon haji yang mengajukan penarikan biaya pelunasan haji asal Kabupaten Nunukan. Calon haji pertama mengajukan penarikan atau pengembalian biaya pelunasan haji pada 10 Juni, dan yang kedua pada 30 Juni 2020," kata Suriansyah Hanafi, kepada TribunKaltim.co, Jumat (3/7/2020).

Baca juga: KPK Pastikan Bupati dan Istri Kutai Timur Diamankan di Sebuah Hotel di Jakarta

Baca juga: Kabar Buruk Virus Corona Serang Anak Buah Risma, 2 Kepala Dinas di Surabaya Positif Covid-19

Suriansyah Hanafi menambahkan, penarikan biaya pelunasan haji memang bisa saja dilakukan oleh calon jemaah haji.

Tetapi tidak dengan setoran awal biaya pelaksanaan ibadah haji, yang besarannya sekitar Rp 25 juta.

"Kalau misalnya batal berangkat tahun ini, akan diprioritaskan lagi tahun depan. Asalkan calon haji itu tidak mencabut setoran awal yang Rp 25 juta, kalau biaya pelunasan yang sekitar Rp 10 juta lebih, itu bisa saja ditarik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved