Breaking News:

Ini Tips Berkendara Aman di Belakang Mobil, Usahakan Ada di Posisi yang Terlihat Pengemudi

Berkendaralah di bagian yang dapat terlihat oleh pengemudi, baik langsung maupun lewat spion. Agar pengemudi mobil melihat posisi pengendara motor

(KOMPAS.com/SUKOCO)
Separuh bahu Jl Pembangunan di Kabupaten Nunukan yang berlobang karena gorong gorong yang mulai rusak. Meski sudah sebulan lebih kerusakan tersebut belum mendapat respondari pemerintah daerah membuat warga menami dengan pohon kelapa. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA – Jangan terlalu dekat dengan mobil di depanmu. Jaga jarak agar dapat menghindari lubang atau benda yang dikolongi mobil.

Berikut tips dan trik mengendarai mobil di belakang mobil.

Mengendarai sepeda motor di jalan raya tentunya akan bertemu dengan pengguna jalan lain. Kadang ada di posisi ketika pengendara berjalan di belakang mobil atau membuntuti.

Terkadang jika pada posisi seperti ini, pengendara motor bisa tidak tahu kondisi jalan di depannya. Sering kali ketika mobil berhasil melewati lubang, pengendara motor malah masuk ke lubang tersebut dan jadi oleng.

Agar berkendara bisa lebih nyaman, bagaimana tips berkendara di belakang mobil? Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani akan memberikan tips bagaimana pengendara motor harus bersikap ketika berada di belakang mobil.

Baca juga; NEWS VIDEO Maling Motor yang Dianggap Kebal Senjata di Palembang: Saya Tidak Merasa Dipukuli

Baca juga; Jika Sudah Saatnya Segera Ganti Kampas Rem Motor, Hati-hati Kalau Terlambat, Ini Akibatnya

“Berkendaralah di bagian yang dapat terlihat oleh pengemudi, baik langsung maupun lewat spion. Hal ini perlu dilakukan agar pengemudi mobil melihat posisi pengendara motor,” ucap Agus kepada Kompas.com, Sabtu (4/7/2020).

Kemudian, jangan terlalu dekat di belakang mobil jika jalan yang dilalui rusak. Usahakan selalu jaga jarak agar bisa mengerem atau menghindar jika sewaktu-waktu ada bahaya di depan.

“Jika ingin menyalip mobil tersebut, berikan tanda dengan gunakan klakson, lampu sein dan lampu dim. Hal ini perlu dilakukan agar pengemudi memberikan ruang untuk mendahului,” kata Agus.

Baca juga; NEWS VIDEO Vladimir Putin Beri Penghormatan untuk Ayah Khabib Nurmagomedov

Baca juga; NEWS VIDEO Ayah Khabib Meninggal Dunia, McGregor Sampaikan Belasungkawa

Namun jika terpaksa tetap berada di belakang kendaraan karena jalan yang sempit, bisa posisikan motor segaris dengan ban mobil, bisa bagian kanan atau kiri. Jadi jika mobil ingin mengolongi lubang, motor bisa terhindar dari bahaya tersebut.

“Jadikan mobil sebagai pendeteksi bahaya di depan. Jika ada lubang, pasti dia akan menghindar. Pengendara motor bisa mengikuti salah satu bagian ban dari mobil tersebut agar terhindar juga dari lubang,” ucap Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Berkendara Aman di Belakang Mobil"

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved