Virus Corona di Balikpapan

Limbah B3 Covid-19 di Balikpapan Wajib Dimusnahkan, Tidak Ada Kerjasama Faskes tak Boleh Beroperasi

Pandemi Corona virus atau covid-19 yang terjadi saat ini membuat volume limbah medis meningkat. Tak hanya di Kota Balikpapan Kalimantan Timur

Freepik.com
ILUSTRASI - Vaksin Corona atau covid-19. Pandemi Corona virus atau covid-19 yang terjadi saat ini membuat volume limbah medis meningkat. Tak hanya di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, tetapi hampir di seluruh Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pandemi Corona virus atau covid-19 yang terjadi saat ini membuat  volume limbah medis meningkat. Tak hanya di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, tetapi hampir di seluruh Indonesia.

Hal ini menjadi masalah tersendiri karena limbah medis yang dibuang begitu saja dapat membawa dampak bagi kesehatan.

Tak jarang, limbah medis yang diduga terkait dengan penanganan wabah Corona atau covid-19 seperti masker, sarung tangan, dan tisu ditemukan tercecer di beberapa bak sampah.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty memastikan seluruh limbah medis yang berasal dari fasilitas kesehatan wajib dimusnahkan.

Baca Juga: Hasil Rapid Test Karyawan Borneo Bay City Balikpapan, Jalankan SOP Sesuai Protokol Covid-19

Baca Juga: Komentari OTT KPK, Ketua Nasdem Kaltim: Kurang Apa Lagi Coba jadi Bupati, Istri Ketua DPRD Kutim

Terlebih pemusnahan limbah medis yang tergolong B3 ini berada dibawah kontrol Dinas Kesehatan Kota dan Gugus Tugas covid-19 Balikpapan.

"Kita sudah melakukan kerjasama baik gugus tugas bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pemusnahan limbah," katanya, Sabtu (4/7/2020).

Demikian juga di seluruh Rumah Sakit, Laboratorium, maupun Klinik, menurut Andi ini berada dalam kontrol Dinas Kesehatan Kota.

Wanita yang kerap disapa Dio ini mengatakan, jika ada fasilitas kesehatan tidak ada kerjasama dalam pemusnahan limbah maka dipastikan tidak boleh beroperasi.

Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19
Ilustrasi - Virus Corona atau covid-19 (Freepik.com)
Halaman
12
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved