Breaking News:

Tahap Awal 30 Persen, Dilanjtkan 50 Persen, Saat Zona Hijau Mal buka 100 Persen, Penjelasan Walikota

Pemerintah Kota atau Pemkot Manado memutuskan membuka kembali aktivitas mal atau pusat perbelanjaan secara bertahap

(Dok. Humas Pemkot Manado)
Wali Kota Manado Vicky Lumentut bersama Forkopimda tinjau kesiapan salah satu mal di Manado, Kamis (2/7/2020) 

TRIBUNKALTIM.CO, MANADO - Buka bertahap. itulah keputusan Pemkot Manado menyikapi rencana pembukaan sejumlah mal di Manado. Buka 30 persen dilanjutkan 50 persen. jika zona hijau maka 100 persen.

Pemerintah Kota atau Pemkot Manado memutuskan membuka kembali aktivitas mal atau pusat perbelanjaan secara bertahap.  Sebelum masuk pada tahap pertama, mal harus memenuhi syarat yang telah dibuat Pemkot Manado.

Wali Kota Manado Vicky Lumentut mengatakan, setelah syarat dipenuhi, pengelola mal harus memastikan para pekerja tidak membawa virus corona baru atau Covid-19.

"Karena itu mereka wajib untuk lakukan rapid test. Kita harus pastikan mereka (pekerja di dalam mal) melalui rapid test ini hasilnya nonreaktif," kata Vicky lewat keterangan tertulis, Jumat (3/7/2020).

Menurut Vicky, hal ini memang harus dilakukan bagi daerah yang masuk zona merah.  "Mereka yang sudah menjalani rapid test akan diberikan kartu sebagai tanda bahwa dia nonreaktif dan boleh melakukan aktivitas di dalam mal," ujarnya.

Vicky meminta pengelola mal serius mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19. "Jangan sampai ada klaster baru. Kalau sampai ada case ditemukan ada satu reaktif di mal, maka mal itu kita tutup sementara," tegasnya.

Baca juga; Pesan Pria Ini 1 Hari Sebelum Meninggal 'Membuka Mata' Banyak Orang Soal Corona, Terkuak Penyesalan

Baca juga; Ramalan Zodiak Minggu 5 Juli 2020: Capricorn Kabar Baik Soal Isi Kantong, Aries Dengarkan Suara Hati

Ia menjelaskan, memang sangat sulit membuka kembali aktivitas mal di Manado dengan status zona merah. Di sisi lain, Pemkot Manado juga memikirkan dampak ekonomi jika mal dan pusat perbelanjaan ditutup.

Hal itu membuat Pemkot Manado sepakat membuka mal secara bertahap. Ada empat tahap yang sudah direncanakan.

Tahap pertama, kapasitas mal baru bisa diisi 30 persen, baik petugas, pekerja di mal, dan pengunjung. "Teknisnya sudah saya bicarakan dengan teman-teman pengelola mal," kata Vicky.

Lalu tahap kedua, kapasitas mal bisa ditingkatkan menjadi 50 persen. "Itu bisa dilakukan setelah dua minggu dan hasil dievaluasi aman. Saya sampaikan tidak boleh ada case baru dan tidak boleh ada klaster mal," sebutnya.

Vicky menuturkan, jika pada tahap kedua aman dan tidak ada masalah maka bisa masuk ke tahap ketiga dengan kapasitas 75 persen.

"Tahap terakhir, kalau semua tidak ada persoalan, daerah kita sudah keluar dari zona merah maka mal bisa buka 100 persen," tuturnya.
Keputusan Pemkot Manado mengambil langkah ini, sesuai rapat dan diskusi dengan ahli di bidang epidemiologi dan pihak rumah sakit. "Masukan-masukan dari berbagai sumber ini sehingga kita membuka aktivitas mal secara bertahap," ungkap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mal di Manado Dibuka Secara Bertahap, Ini Penjelasan Wali Kota"

Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved