Breaking News:

Petrokimia Gresik Apresiasi Kebijakan Penyesuaian Harga Gas Bumi, Optimis dalam Persaingan Global

Berdasarkan, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) No. 89K/10/MEM/2020 tanggal 13 April 2020 tentang Pengguna dan Harga Gas

SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pipa migas. Berdasarkan, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) No. 89K/10/MEM/2020 tanggal 13 April 2020 tentang Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral ( ESDM ) menetapkan kebijakan penyesuaian harga gas bumi.

Berdasarkan, Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) No. 89K/10/MEM/2020 tanggal 13 April 2020 tentang Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri, ada tujuh sektor yang mendapat penyesuaian harga, salah satunya industri pupuk.

Merujuk pada Kepmen ESDM itu, harga pada titik serah pengguna (plant gate) ditetapkan pada kisaran harga US$ 6 per MMBTU (Million British Thermal Units).

Petrokimia Gresik mengapresiasi kebijakan penyesuaian harga gas bumi oleh pemerintah, dan semakin optimistis dalam menghadapi persaingan global.

Baca Juga: Politisi PKB Soroti Peran Menteri Pendidikan Kesehatan Agama, Singgung Reshuffle Kabinet Jokowi

Baca Juga: Kisah Perempuan Aceh Pertama Dihukum Mati, Peran Merencanakan Penyelundupan Sabu Malaysia Indonesia

Direktur Utama Petrokimia Gresik Rahmad Pribadi mengatakan gas bumi merupakan bahan baku utama untuk memproduksi pupuk bersubsidi jenis Urea, ZA, dan NPK.

“Dengan demikian, penurunan harga gas bumi ini akan berdampak pada sektor pertanian dan ketahanan pangan nasional,” ujar Rahmad, dalam keterangannya, Sabtu (4/7/2020).

Rahmad mencontohkan, porsi gas bumi untuk produksi pupuk Urea mencapai 70 persen.

Sementara harga gas bumi yang selama ini diperoleh Petrokimia Gresik dari sejumlah pemasok cukup tinggi, rata-rata di angka US$ 7,45 per MMBTU.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved