Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Terima Bantuan 7,2 Ton Beras dari Pemprov, Bupati Berau Salurkan ke Warga di 4 Kecamatan Ini

Bupati Berau, Muharram, berharap bantuan yang diberikan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat penerima.

HUMASKAB BERAU
BANTUAN BERAS - Bupati Berau Muharram foto bersama usai secara simbolis menyerahkan bantuan beras untuk warga terdampak Covid-19 di empat kecamatan di Kabupaten Berau. Bantuan tersebut diterimakan kepada para camat usai apel gabungan di halaman Kantor Bupati Berau, Senin (6/7/2020). 

TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau menerima bantuan beras sebanyak 7,2 ton dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Beras yang disalurkan kepada masyarakat di empat kecamatan tersebut secara resmi simbolis Bupati Berau, Muharram kepada para camat usai apel gabungan di halaman Kantor Bupati Berau, Senin (6/7/2020).

Turut hadir dan menyaksikan penyerahan Kepala Bidang Distribusi dan Ketersediaan Pangan Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Timur, M Alimuddin, Kepala Dinas Pangan Berau, Pattah Hidayat dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Berau.

Bupati Berau, Muharram, berharap bantuan yang diberikan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat penerima. Bantuan diberikan kepada mereka yang telah terdata dan melalui proses verifikasi oleh tim dari Kabupaten Berau maupun Provinsi Kalimantan Timur.

Bupati Muharram juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemprov Kaltim melalui program bantuan pangan ini. Terlebih saat ini dimasa pandemic covid-19 bantuan sangat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Saya berharap bantuan ini dapat didistribusikan kepada masyarakat sesuai dengan data yang telah ditetapkan dan kami menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kaltim yang memberikan program ini di Kabupaten Berau,” ungkapnya.

Kepala Bidang Distribusi dan Ketersediaan Pangan, Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim, Alimuddin, menjelaskan penyaluran program ini merupakan tahun ketiga dari Pemprov Kaltim. Penyaluran beras ini merupakan distribusi dari cadangan pangan pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak covid-19, termasuk di Kabupaten Berau.

Hanya saja dijelaskannya tidak semua masyarakat yang terdampak covid-19 menerima bantuan, akan tetapi ada beberapa kriteria yang telah ditetapkan dan telah sesuai dengan pemetaan kerawanan pangan.

“Jadi tidak semua, ada syarat syarat dan kami tentu akan jelaskan kepada para camat terkait program ini,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pangan Berau, Pattah Hidayat, menjelaskan berdasarkan surat keputusan dari Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kaltim, jumlah CPP Provinsi yang berupa beras bulog kualitas medium untuk bantuan kepada korban bencana banjir di Kota Samarinda sebanyak 51.890 kilogram dan dampak pandemi covid-19 sebanyak 126.350 kilogram.

“Kalau di Berau ada empat kecamatan yang menerima bantuan ini dengan total 958 masyarakat. Kecamatan yang menerima yaitu Sambaliung dengan jumlah penerima 482, Tanjung Redeb sebanyak 168, Batu Putih sebanyak 189 dan Biatan sebanyak 119,” ucapnya.

Dari total bantuan yang diberikan sebanyak 7200 kilogram, masing-masing masyarakat akan menerima bantuan sebanyak 7,5 kilogram. Saat ini bantuan beras tersebut telah tiba di Berau dan berada di gudang Bulog. Secara bertahap bantuan beras diserahkan kepada camat dan selanjutnya didistribusikan melalui lurah dan kepala kampung sesuai dengan data yang ada. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved