Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pembangunan Kampung Harus Penuhi 3 Indikator IDM, Bupati: Jika Tidak, Saya Tak Akan Terima!

Tiga indikator yang telah ditetapkan itu adalah Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Lingkungan,

HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH 

UJOH BILANG - Bupati Bonifasius Belawan Geh SH menegaskan, pembangunan di 50 kampung dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu harus memenuhi tiga indikator khusus.

Tiga indikator yang telah ditetapkan itu adalah Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi, dan Indeks Ketahanan Lingkungan, untuk mencapai status kampung berkembang, maju hingga mandiri.

“Saya menegaskan, kedepannya setiap pembangunan di kampung harus memenuhi ketiga indiaktor khusus tersebut. Jika tidak, maka kegiatan rencana pembangunan di kampung tidak akan saya terima,” tegas Bupati dalam sambutan tertulis yang dibacakan Pj Sekretaris Daerah Dr Stephanus Madang pada rapat verifikasi pemutahkiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2020 Tingkat Kabupaten di ruang rapat Kantor Bappelitbangda, Kamis (2/7/2020).

Menanggapi hal tersebut, Kepala DPMK Damianus Tamha SE menuturkan, DPMK bersama Dinas terkait, Gerbangmas dan P3MD akan terus melakukan evaluasi sasaran indeks pembangunan di kampung-kampung.

“Kedepan artinya baik dari kami sendiri, pendamping gerbangmas dan seterusnya kita akan berkerjasama. Kampung yang tertinggal atau kecamatan yang tertinggal, akan kita upayakan tenaga yang ada di kerahkan. Sebab apa yang dicapai daerah yang sudah maju, akan ditularkan ke daerah yang belum maju, supaya ada peningkatan,” ujar Kadis DPMK.

Sejalan dengan itu, Camat Long Bagun Yason Liah,S.Hut,MP mengungkapkan, untuk Kecamatan Long Bagun, dari total 11 kampung, terdapat 3 kampung yang memiliki kategorinya maju, 7 berkembang, dan 1 masih tertinggal.

“Tentu ketertinggalan ini karena adanya keterbatasan berapa aspek, terutama sosial yang mengcover akses jangkauan pusat pendidikan, atau juga pembangunan itu masih terkonsentrasi pada sarana dan prasana jalan. Sementara untuk penguatan ekonomi kerakyatan masih belum seimbang. Ketahanan ekonominya masih rendah sehingga itu tidak bisa memacu akumulasi indeks menjadi lebih baik,”jelas Camat.

Camat Long Bagun Yason Liah,S.Hut,MP mengajak semua stakeholder yang berhubungan dengan aspek penilaian terkait IDM.

“Mari kita bergandengan tangan untuk melakukan semua hal yang bisa dilakukan porsi masing-masing, sehingga seluruh kebutuhan untuk memenuhi persyaratan indeksnya baik itu aspek sosial, ekonomi dan pembangunan menjadi lebih baik untuk Kecamatan Long Bagun kedepan,” tambahnya.(advertorial/hms11/td/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved