Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Disdukcapil Kubar Canangkan Zona Integritas, Bupati Berharap Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat

Pembangunan zona integritas ini juga diharapkan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah

HUMASKAB KUBAR
TANDATANGANI PIAGAM - Pj Sekretaris Kabupaten Kutai Barat H Achmad Sofyan bersama Plt Kepala Disdukcapil Florence Rombe menandatangani Piagam Zona Integrasi, Kamis (9/7/2020). 

SENDAWAR - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Barat mencanangkan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) ke Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Disdukcapil.

Pencanangan pembangunan zona integritas dilaksanakan di lobi kantor Disdukcapil dan dihadiri Penjabat Sekretaris Kabupaten Ir H Achmad Sofyan MM, Kamis (9/7/2020).

Pejabat lainnya yang hadir yakni Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Direktur RSUD Harapan Insan Sendawar (HIS), Perwakilan Inspektorat, Kabag Ortal, dan Camat Sekolaq Darat.

Pemkab Kubar telah mempersiapkan tiga Perangkat Daerah (PD) yang berkomitmen untuk membangun zona integritas. Tiga PD tersebut adalah Dinas Dukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan RSUD HIS. Selanjutnya terus mendorong PD lainnya di lingkungan Pemkab kubar untuk menuju WBK dan WBBM.

Bupati FX Yapan SH dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj Sekretaris Kabupaten Ir H Achmad Sofyan MM mengatakan, zona integritas merupakan miniatur dari reformasi birokrasi.

Pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik dapat dilaksanakan di seluruh daerah di Indonesia dengan berpedoman kepada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Pembangunan zona integritas dilakukan melalui program-program reformasi birokrasi serta kegiatan lainnya, yang mengarah kepada penciptaan lingkungan kerja yang bebas korupsi serta mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pembangunan zona integritas ini juga diharapkan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Dengan pembangunan zona integritas, lanjut Bupati, maka pelaksanaan kegiatan pemerintahan akan dilakukan secara lebih terbuka dan dipublikasikan secara luas sehingga semua pihak dapat memantau, mengawal, mengawasi, dan bahkan berperan serta di dalamnya khususnya reformasi birokrasi serta pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pencanangan zona integritas secara perlahan dilaksanakan di lingkungan Pemkab Kutai Barat, tentu membutuhkan komitmen dan tentu diimplementasikan demi peningkatan kualitas dan kinerja pelayanan publik, terutama di Disdukcapil Kutai Barat.

Sebagai acuan motivasi guna mempertahankan prestasi, sebagaimana diketahui pada 23 Juni 2020 lalu di Auditorium Kantor Perwakilan BPK Kaltim, Pemkab Kutai Barat kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun anggaran 2019, yang dilakukan oleh BPK Kaltim.

Prestasi ini merupakan yang kelima kalinya berturut-turut sejak Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat tahun anggaran 2015.

Ini merupakan prestasi yang membanggakan tak hanya bagi pemkab, namun bagi seluruh Kabupaten Kutai Barat karena sudah mampu mengelola keuangan dan melaporkan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah dengan optimal dan benar.

“Saya harap kita dapat bersama-sama mempertahankan prestasi ini, dan terus menguatkan semangat serta integritas pelayanan dan pengabdian kita untuk membangun bangsa dan negara melalui tata kelola pemerintahan dan tata kelola keuangan yang akuntabel, bersih dan baik (clean dan good government),” kata Bupati.

Selain itu, Bupati Yapan mengharapkan Perangkat Daerah lainnya dapat segera mencanangkan zona integritas sebagai bentuk sinergi dan komitmen nyata dalam merealisasikan pembangunan zona integritas menuju good government yang akan menjadikan Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini di Bumi Tanaa Purai Ngeriman.(advertorial/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved