Breaking News:

Berita Pemkot Tarakan

Pemkot Tarakan-BPKP Teken Kerjasama Perkuat Sistem Pengawasan Internal Pemerintah

Upaya Pemerintah Kota Tarakan memperkuat Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) terus berlanjut.

HUMAS DAN PROTOKOL PEMKOT TARAKAN
PENGAWASAN INTERNAL - Walikota Tarakan Khairul menunjukkan dokumen pengawasan internal yang dikerjasamakan dengan BPKP, Jumat (9/7/2020). Turut mendampingi Wakil Walikota Effendhi Djuprianto, dan Sekda Tarakan Hamid Amren. ? 


TARAKAN - Upaya Pemerintah Kota Tarakan memperkuat Sistem Pengawasan Internal Pemerintah (SPIP) terus berlanjut. Hal ini disampaikan Wali Kota Tarakan, Kamis, (9/7/2020).

Dalam kesempatan ini dilakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemkot Tarakan dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah di Lingkungan Pemkot Tarakan.⁣

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis Maturitas SPIP dan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sekaligus entry meeting penilaian maturitas SPIP di Lingkungan Pemkot Tarakan.⁣

Kegiatan ini dihadiri pula Wakil Walikota Tarakan Effendhi Djuprianto, Sekretaris Daerah Tarakan Hamid Amren dan pejabat lainnya.

Wali Kota Tarakan, dr H Khairul M Kes dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya membenahi sistem yang ada di Pemkot Tarakan. Ia menilai bahwa sejauh ini upaya tersebut telah menunjukkan hasil.

"Kita juga telah memperbaiki manajemen keuangan dan manajemen aset yang ditunjukkan dengan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK-RI. Di bidang kepegawaian, Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja juga telah terselesaikan setelah proses yang sangat panjang,” ungkapnya.⁣

Sedangkan untuk mencapai maturitas SPIP level 3 sendiri, saat ini Kota Tarakan telah mencapai level 2. Perbaikan di sektor pengawasan internal ini, diyakini orang nomor satu di Tarakan dapat tercapai dengan kerja sama yang baik antar seluruh pemangku kepentingan.

"Teamwork sangat memegang peranan penting, dan saya minta agar pihak yang terlibat dapat berkonsentrasi. Pembangunan sistem ini harus terlaksana," tegasnya.

Khairul menambahkan, Tarakan memiliki cita-cita menjadi smart city, salah satunya komponennya adalah bagaimana membentuk smart governance dengan indikator tranparansi dan akuntabilitas. (adv/jnh)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved