Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Cegah Penyebaran Covid-19, Puji Sarankan MPLS Siswa Baru Cukup Dilakukan Secara Online

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) setidaknya bisa dilakukan secara online jika memang belum memungkinkan untuk bertatap muka.

HUMAS DPRD KALTIM
Puji Setowati, Anggota Komisi IV DPRD Kaltim dari Fraksi Partai Demokrat 

SAMARINDA - Penyesuaian kegiatan berpedoman pada protokol kesehatan selama Covid-19 dilakukan di berbagai sektor. Tak terkecuali bidang pendidikan, terutama pada masa pengenalan siswa baru.

Hal itu menjadi perhatian Anggota DPRD Kaltim Puji Setyowati. Ia memahami bahwa sejumlah kegiatan belajar mengajar cukup terkendala. Namun menurutnya, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) setidaknya bisa dilakukan secara online jika memang belum memungkinkan untuk bertatap muka.

"Masa pengenalan siswa baru tetap bisa diikuti oleh semua siswa melalui daring. Jikapun terdapat siswa yang terkendala tak dapat menggunakan platform yang dipakai karena keterbatasan alat komunikasi, maka pendampingan oleh guru bisa dilakukan," kata Puji.

Terkait pendampingan langsung, Puji menilai hal itu juga dapat menjadi pilihan lain agar interaksi belajar secara langsung dapat dilakukan. Semisal melalui kunjungan belajar oleh guru ke rumah murid, dengan jadwal tertentu. Namun demikian, jika ada orang tua murid yang keberataan dengan kunjungan tersebut, sebaiknya harus pula dapat dipahami.

"Yang terpenting program belajarnya tetap dilakukan meski melalui online, kunjungan langsung oleh guru umumnya diperlukan untuk anak berkebutuhan khusus, murid-murid PAUD maupun TK karena usia mereka memerlukan interaksi sosial yang lebih dekat. Hanya tetap mempertimbangkan kondisi, jika membahayakan kesehatan karena berbagai pertimbangan opsi ini perlu dievaluasi," urai Puji.

Puji berharap pandemi ini dapat segera berakhir. Sebagai politikus yang aktif di berbagai kegiatan perempuan dan anak. Melihat kondisi saat ini, ia mengaku cukup prihatin. Sebab banyak kesempatan yang terlewatkan bagi anak-anak untuk mengoptimalkan potensi positif melalui berbagai event dan kegiatan sejak pandemi ini terjadi.

Namun ia meminta agar para orang tua tetap semangat dalam membantu dan mendampingi anak-anak selama belajar dan berkegiatan dirumah.

"Tentu menjadi pekerjaan tambahan bagi orang tua dalam mendampingi anak-anaknya belajar online. Peran besar orang tua akan menjadi semangat tersendiri bagi anak-anaknya melewati masa-masa seperti ini. Masa depan mereka menjadi tanggung jawab kita bersama, baik itu guru, orang tua dan lingkungannya," sebutnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved