Breaking News:

Hindari Kebiasaan Tidur Terlalu Malam dan Bangun Siang, Ini Dampak Buruk Bagi Kesehatan

Sebaiknya hindari kebiasaan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Mengapa? Ternyata kebiasaan ini memiliki efek buruk bagi kesehatan

(eggeeggjiew)
Ilustrasi bangun tidur 

TRIBUNKALTIM.CO - Sebaiknya hindari kebiasaan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang. Mengapa? Ternyata kebiasaan ini memiliki efek buruk bagi kesehatan. Selama ini banyak orang yang hanya mementingkan berapa lama waktu tidur, sehingga mengabaikan pentingnya waktu tidur yang tepat.

Padahal menurut ahli, waktu berangkat tidur sama pentingnya dengan durasi istirahat di malam hari. Berikut beberapa akibat tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang bagi kesehatan.

1. Jadwal tidur berantakan

Melansir Bustle, ahli di bidang tidur Rose MacDowell menyebut, tidur terlalu malam bisa merusak pola tidur. "Ketika sudah tiba waktunya istirahat tapi Anda belum tidur, pola tidur keesokan hari dan hari berikutnya lagi bisa ikut bergeser," jelas MacDowell.

Menurut MacDowell, pergeseran waktu tidur itu disebabkan otak sulit mengembalikan jadwal tidur ke pola semula. Studi yang dirilis di jurnal Scientific Reports menunjukkan, orang yang jadwal tidurnya teratur cenderung memiliki kinerja akademis yang lebih baik ketimbang orang dengan jadwal tidur berantakan.

Selain itu, tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang juga bisa mengurangi efisiensi tidur. Efisiensi tidur adalah persentase waktu yang dihabiskan untuk tidur saat berada di atas ranjang. Tidur dianggap efisien apabila sebanyak 85 persen waktu tidur, istirahatnya lelap.

 Baca juga; Tidur Siang Miliki Segudang Manfaat bagi Kesehatan, Dilengkapi Lamanya Tidur Siang Agar Berkualitas

Baca juga; Menekan Stres hingga Meningkatkan Daya Ingat, Inilah 9 Manfaat Tidak Terduga dari Tidur Siang

2. Pikiran jadi susah fokus

Akibat tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang juga bisa membuat seseorang susah fokus. Ahli yang menangani masalah susah tidur, Dr Steven Reisman, MD, mengatakan orang yang begadang dan bangun siang umumnya kualitas tidurnya tidak optimal.

Halaman
123
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved