Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Usai Senam Pagi Bersama, Seluruh ASN Pemkab Berau Ikuti Pemeriksaan Kesehatan

“Sasaran kita memang kantor kantor, untuk memeriksa kesehatan khususnya penyakit tidak menular di lingkungan ASN,” jelasnya.

HUMASKAB BERAU
CEK KESEHATAN - Petugas Dinas Kesehatan Berau melaukan cek kesehatan para ASN di lingkup Pemkab Berau, Jumat (9/7/2020). Pemeriksaan dilakukan usai senam bersama. 

TANJUNG REDEB - Usai mengikuti olahraga bersama Jumat (10/7) pagi, jajaran aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Kabupaten Berau, mengikuti pemeriksaan kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan Berau. Pemeriksaan meliputi pengecekan gula darah, kolesterol, kandungan co pada paru hingga pemeriksaan kesehatan jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pembrantasan Penyakit (P2P), Garna Sudarsono, mengatakan pemeriksaan kesehatan penyakit tidak menular sekaligus screening bagi ASN ini merupakan program Dinas Kesehatan Kabupaten Berau.

Kegiatan kali ini dilakukan khusus untuk di Sekretariat Kabupaten. Pihaknya juga sudah melakukan di beberapa instansi pemerinta, termasuk di jajaran Dinas Kesehatan sendiri.

“Sasaran kita memang kantor kantor, untuk memeriksa kesehatan khususnya penyakit tidak menular di lingkungan ASN,” jelasnya.

Melalui kegiatan screening ini dikatakan Garna akan dengan mudah untuk mengetahui sejauh mana penyakti tidak menular di masyarakat, khususnya dikalangan aparatur sipil Negara. Program ini dikatakannya kali pertama dilaksanakan dan akan dilakukan evaluasi untuk keberlanjutan program. Pihaknya berencana akan memprogramkan kegiatan pemeriksaan kesehatan ini .

“Ini baru pertama kita lakukan, mudah mudahan nanti secara berkala, mungkin setiap tiga bulan sekali bisa kita lakukan pemeriksaan,” jelasnya.

Dengan pemeriksaan ini dijelaskan Garna akan dilakukan tindaklanjut berupa konsultasi atau pendampingan kepada aparatur sipil Negara, khususnya mereka yang diketahui ada gejala penyakit tidak menular pada dirinya. Termasuk screening kesehatan jiwa, dikatakan Garna juga akan dilakukan tindaklanjut dari hasil pemerinsaan.

“Jadi nanti akan ada konsultasi lebih lanjut, jika kita temukan ada penyakit tidak menular atau gangguang kejiwaan maka akan kita konsulkan,” jelasnya.

Program gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dengan senam bersama dan pemeriksaan PTM dan Keswa bagi ASN ini juga diisi dengan sosialisasi kepada para ASN untuk menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Terlebih dimasa pandemic covid-19 saat ini ASN didorong menjadi pioneer dalam kedisiplinan menerapkan PHBS dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 ditengah tengah masyarakat. (adv/hms3)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved