Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Timur

Cegah Penyalahgunaan Narkoba, 50 Personel Kodim 0909/Sangatta Jalani Tes Urine

Hal ini terlihat dari kehadiran tim Pencegahan Pemberantasan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) dari Kodam VI

TRIBUNKALTIM.CO/MARGARET SARITA
TES URINE - Tim Pencegahan Pemberantasan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) dari Kodam VI Mulawarman ke Kodim 0909 Sangatta, Senin (13/7/2020). Mereka melakukan pememeriksaan urine personil Kodim tersebut. 

SANGATTA  – Tak hanya antisipasi penyebaran Covid-19 yang menjadi prioritas, penyalahgunaan narkotika di kalangan personel TNI AD juga jadi perhatian khusus.

Hal ini terlihat dari kehadiran tim Pencegahan Pemberantasan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) dari Kodam VI Mulawarman ke Kodim 0909 Sangatta, Senin (13/7/2020).

Dipimpin Ketua Tim Mayor Inf Endra Retno Erowanto, mereka melakukan sosialisasi sekaligus tes urin pada 50 personel Kodim 0909 Sangatta.

Sosialisasi mengangkat topik tentang bahaya pengaruh buruk narkoba yang disertai dengan gambaran jenis-jenis narkotika yang banyak beredar di masyarakat. Selain imbasnya bagi personel TNI AD yang nekat mengonsumsi, apalagi menjadi pengedar barang haram tersebut.

Kasdim 0909 Sangatta, Mayor Inf Ahmad Albar mengatakan kedatangan tim dari Kodam VI Mulawarman dalam rangka sosialisasi bahaya narkoba, merupakan kegiatan rutin. Sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan narkotika di kalangan TNI AD.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk mencegah penyalahgunaan narkotika maupun obat-obatan terlarang, di lingkungan TNI AD, khususnya di Kodim 0909 Sangatta,” katanya.

Hasil dari tes urin puluhan personel Kodim 0909 Sangatta pun, diakui Endra cukup memuaskan. Karena dari 50 personel Kodim Sangatta, tidak ada yang positif mengandung zat adiktif. Karena bila terbukti menyalahgunakan narkoba, ancaman yang diberikan kesatuan tidak main-main. Hukuman kurungan badan hingga pemecatan.

“Sosialisasi P4GN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Karena saat ini tengah dilanda pandemic Covid -19, maka tes urin dilakukan terbatas, hanya 50 personel saja,” ungkap Endra.

Ia juga mengingatkan tentang adanya penyalahgunaan narkoba di Kodim Marabahan Kalimantan Selatan, sehingga seluruh personel di wilayah hukum Kodam VI Mulawarman diminta waspada dan terus diingatkan soal bahaya narkoba. Melalui kegiatan sosialisasi P4GN ke jajaran satuan bawah, yang dilakukan intensif.(advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/sar)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved