Breaking News:

Balikpapan Raih Lencana Mitigasi dan Adaptasi, Bentuk Pengakuan Rencana Aksi Perubahan Iklim GCOM

Kota Balikpapan meraih lencana mitigasi dan lencana adaptasi dari Global Covenant of Mayor (GCOM) pada Juli 2020 ini.

HO-Humas
SORTIR SAMPAH - Pekerja sedang menyortir sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kota Hijau. Sampah organik dari rumah tangga di Kelurahan Gunung Bahagia dan Pasar Sepinggan, Balikpapan Selatan diolah dijadikan kompos. Program ini salah satu upaya menurunkan emisi gas rumah kaca dengan memanfaatkan sampah organik 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kota Balikpapan meraih lencana mitigasi dan lencana adaptasi dari Global Covenant of Mayor (GCOM) pada Juli 2020 ini.

Lencana ini diberikan karena Kota Balikpapan telah melakukan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan rencana aksi perubahan iklim, yaitu target mitigasi dan target adaptasi serta telah melakukan kajian kerentanan dan risiko iklim.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, Kota Balikpapan telah memiliki target mitigasi dan adaptasi serta telah melakukan kajian kerentanan dan risiko iklim yang dilaporkan melalui platform CDP (Carbon Disclosure Project)/International Council of Local Enviromental Initiatives (ICLEI) pada Juli 2019.

Hasil pelaporan tersebut disampaikan kepada Global Covenant of Mayor (GCOM).

GCOM sendiri merupakan koalisi pemerintah kota dan lokal terbesar yang memiliki komitmen sukarela melawan perubahan iklim secara aktif.

TANAM POHON - Penanaman pohon oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan  menurunkan emisi gas rumah
TANAM POHON - Penanaman pohon oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi, salah satu program Pemerintah Kota Balikpapan menurunkan emisi gas rumah (HO-Humas)

Koaliasi ini juga memiliki visi jangka panjang yang sama untuk bergerak menuju masa depan rendah emisi dan berketahanan iklim yang keanggotaannya telah dibantu melalui ICLEI. Kota Balikpapan telah bergabung dengan GCOM sejak 2017 lalu.

Subjek yang dilaporkan melalui platform CDP  tersebut berisi perencanaan, program, target, dan strategi untuk aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang telah dilakukan oleh Perangkat Daerah yang tergabung dalam Tim Kelompok Kerja (Pokja) Perubahan Iklim Kota Balikpapan.

"Jadi ini merupakan hasil kerja pemerintah kota melalui Pokja Perubahan Iklim Kota Balikpapan dengan program dan kegiatan yang dilakukan di setiap OPD dan berkolaborasi dengan masyarakat. 

Keluaran yang dihasilkan oleh OPD tersebut mendukung penurunan emisi dan mitigasi terhadap perubahan iklim," kata Suryanto, Senin (13/7) kemarin.

Dari hasil pelaporan dan pelaksanaan Knowledge Management Forum yang dilaksanakan pada 2019, menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Balikpapan memiliki keseriusan dalam mengurangi dampak perubahan iklim dengan memiliki manajemen mitigasi dan adaptasi perubahan iklim.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved