Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Bupati FX Yapan Kembali Salurkan Bantuan Beras CPP Kaltim untuk Warga Terdampak Covid-19

Camat bersama lurah dan petinggi diminta secara transparan dan selektif menyeleksi para penerima bantuan.

HUMASKAB KUBAR
SALURKAN BERAS = Bupati Kutai Barat FX Yapan kembali menyalurkan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Provinsi Kaltim kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kubar, Barong Tongkok, Senin (13/7/2020). 

SENDAWAR- Pemkab Kutai Barat kembali menyalurkan bantuan beras CPP (Cadangan Pangan Pemerintah) kepada masyarakat yang tersebar di delapan kecamatan wilayah Kubar yang terdampak covid-19.

Bupati Kubar FX Yapan mengatakan, bantuan dari provinsi ini dibagikan harus tepat sasaran kepada yang berhak menerimanya. Memang bantuan ini tidak mencukupi kehidupan bagi warga yang menerimanya, tetapi setidaknya bisa meringankan, agar bisa tetap bekerja dan berkarya.

Camat bersama lurah dan petinggi diminta secara transparan dan selektif menyeleksi para penerima bantuan.

“Begitu juga administrasi para penerima itu harus betul-betul dibuat. Jangan sampai nanti ini, akan menyulitkan di dalam membuat pelaporannya,”tegas Bupati.

Hal ini disampaikan Bupati Yapan usai penyerahan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Provinsi Kaltim kepada masyarakat terdampak covid-19 di delapan kecamatan wilayah Kubar secara simbolis, di Kantor Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kubar, Barong Tongkok, Senin (13/7/2020).

"Terkait data, saya minta dinas terkait selalu update dan verifikasi kembali data penerima ini. Mungkin saja beberapa waktu yang lalu penerima terdata berhak menerima bantuan. Tetapi setelah menerima ganti rugi tanah dan lainnya, dia bisa membangun rumah dan membeli kebutuhan tersier, artinya tidak berhak menerima lagi. Jadi bisa dialihkan kepada yang berhak menerimanya,” ungkapnya.

Kepala Dinas Ketapang Kubar Burhanuddin mengatakan, sesuai data masyarakat yang terdampak covid-19 berdasarkan hasil penyusunan peta ketahanan dan kerentanan pangan (FSVA) pada prioritas 1, 2 dan 3.

Total bantuan beras dari provinsi untuk delapan kecamatan di wilayah Kubar, sekitar 2,363 ton dan jumlah penerima 315 jiwa. Terdiri kecamatan Penyinggahan 70 jiwa, Muara Lawa 54 jiwa, Nyuatan 13 jiwa dan Linggang Bigung 53 jiwa. Lalu, Melak 15 jiwa, Mook Manaar Bulatn 20 jiwa, Long Iram 41 jiwa dan Tering 49 jiwa.

Camat Penyinggahan Masranik menyatakan bersyukur atas bantuan beras bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di wilayahnya. Masyarakat senang dan sangat terbantu dengan bantuan pangan ini.

“Setelah menerima bantuan beras ini, kami akan segera menyalurkan kepada warga yang berhak menerimanya. Adapun kriterianya warga yang tidak mampu. Seperti, tidak mempunyai usaha, orang tua yang renta dan tidak berpenghasilan,”tuturnya. (advertorial/hms6/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved