Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Melihat Lebih Dekat Proses Pemakaman Covid-19 oleh Tim Evakuasi BPBD Samarinda

Sudah tiga bulan lebih Tim Evakuasi BPBD Kota Samarinda yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjalankan tugasnya.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sudah tiga bulan lebih Tim Evakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda yang tergabung dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjalankan tugasnya.

Walaupun tidak bertugas langsung saat penanganan medis terhadap pasien covid-19, namun tugas Tim Evakuasi BPBD Kota Samarinda juga tidak bisa dipandang enteng.

Pasalnya merekalah yang bertugas melakukan proses pemakaman dengan standar covid-19 bersama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Samarinda.

Tim Evakuasi BPBD Kota Samarinda terdiri dari delapan personel.

Setiap kali ada pemakaman dengan standar covid-19, Kabid Kedaruratan dan Logistik, Ifran selalu setia mendampingi pada personelnya.

Selain sebagai bentuk solidaritas, dan rasa kekeluargaan terhadap personelnya, kehadirannya pun sekaligus untuk memastikan proses pemakaman dengan standar covid-19 berjalan sesuai dengan prosedur, walaupun dirinya percaya setiap personel Tim Evakuasi telah memahami prosedur pemakaman tersebut.

Dia menjelaskan, setiap kali proses pemakaman dengan standar covid-19 dilakukan, pihaknya membutuhkan kurang lebih 20 pcs alat pelindung diri (APD).

Tidak hanya hazmat, namun juga termasuk sarung tangan, masker full face, penutup rambut, sepatu bot, dan jas hujan.

Kelengkapan itu tidak hanya diperuntukan bagi Tim Evakuasi BPBD saja, namun juga untuk petugas pemakaman dari DPKP.

"Untuk personel Tim Evakuasi, karena mereka sudah bertugas sejak dari penjemputan jenazah, pengantaran dan proses pemakaman, sebelum gunakan hazmat, mereka terlebih dahulu gunakan jas hujan. Di lokasi, kita bagikan hazmat dan kelengkapan lainnya ke petugas DPKP,"ucap  Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Samarinda, Ifran, Rabu (15/7/2020).

Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved