Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Selain Diperiksa Suhu dan Wajib Bermasker, Jamaah Shalat Ied Adha Juga Bakal Diabsen

“Kita juga arahkan agar ada absensi kepada para jamaah yang datang. Ini sebagai upaya untuk melakukan tracking jika

HUMASKAB BERAU
PERSIAPAN IDUL ADHA - Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali, Selasa (14/7/2020) memimpin rapat bersama instansi terkait membahas persiapan menjelang pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 H/2020 dan penyembelihan hewan qurban. 

TANJUNG REDEB - Pemerintah Kabupaten Berau bersama instansi terkait menggelar rapat persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 dan penyembelihan hewan qurban. Rapat dipimpin langsung oleh Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali, Selasa (14/7/2020) di ruang kerjanya.

Dalam rapat persiapan ini banyak hal yang dibicarakan. Dan terutama adalah teknis pelaksanaan pada saat hari H. Dimana situasi yang dihadapi saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dengan pandemi covid-19. Apalagi beberapa waktu lalu kembali terjadi penambahan kasus positif.

Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali mengatakan, rapat persiapan ini merupakan tahap pertama yang dilaksanakan. Dalam waktu dekat akan ada rapat lanjutan bersama dengan Bupati Muharram sebelum dikeluarkannya surat edaran.

“Ada beberapa kesimpulan dalam rapat ini, pertama Idul Adha kita usulkan ke Pak Bupati agar tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat karena kita ada tambahan positif,” jelasnya.

Kemudian dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha nantinya, para pengurus masjid akan diarahkan memberikan tanda untuk sholat. Dengan memperhatikan jarak antara Jemaah di masjid. Sehingga intensitas dalam berinteraksi secara massif bisa dikurangi.

“Supaya tetap terjaga nantinya,” imbuhnya.

Sementara untuk mengatasi terjadinya penyebaran virus, para jamaah yang datang akan diperiksa sesuai dengan protokol kesehatan yang ada, seperti pemeriksaan suhu tubuh serta wajib menggunakan masker.

“Kita juga arahkan agar ada absensi kepada para jamaah yang datang. Ini sebagai upaya untuk melakukan tracking jika terjadinya penyebaran. Sehingga lebih mudah terlacak. Lengkap nantinya dengan nomor hp,” katanya.

Diarahkan juga agar Dinas Pertanian dan Peternakan bisa melakukan pemeriksaan hewan qurban sebelum dan sesudah pemotongan untuk memastikan kesehatan dari hewan yang akan disembelih. “Nanti akan dibuat surat edaran setelah rapat pembahasan bersama bupati selesai,” pungkasnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved