Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

Musim Penghujan, Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit DBD

Pasalnya hingga saat ini jumlah pasien DBD diberbagai daerah di Kaltim mulai bermunculan dan meningkat.

HUMAS DPRD KALTIM
Abdul Kadir Tappa, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kaltim 

SAMARINDA - Kondisi cuaca hujan diprediksi masih akan terjadi di wilayah Kaltim, khususnya Kota Samarinda, dan diperkirakan hingga satu pekan mendatang.

Dari pantauan BMKG Kota Samarinda, cuaca ekstrem ini dikarenakan adanya gangguan atmosfer seperti belokan angin yang membuat perkumpulan awan semakin tinggi hingga menyebabkan hujan deras.

Melihat akan kondisi cuaca di Samarinda akhir-akhir ini, maka anggota Komisi IV DPRD Kaltim Abdul Kadir Tappa mengimbau masyarakat Kaltim untuk waspada terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasalnya hingga saat ini jumlah pasien DBD diberbagai daerah di Kaltim mulai bermunculan dan meningkat.

Politisi Partai Golkar ini pun mengatakan, bahwa meningkatnya jumlah pasien DBD di Kaltim perlu mendapatkan perhatian serius. Sebab diketahui, hingga saat ini, jumlah penderita di Kaltim sudah mencapai 1.183 orang, dan 10 diantaranya meninggal dunia.

Salah satu cara antisipasi yang perlu dilakukan masyakarat untuk terhindar dari penyakit ini adalah melalui program 3 M (Menutup, Membuang, Mengubur), dan program ini harus menjadi prioritas untuk dilakukan.

“Untuk itu kami mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan  mengajak masyarakat bersinergi dengan pemerintah bersama-sama menggalakkan program 3M,” tuturnya.

Selain itu, Ia juga mengajak masyarakat untuk bergotong-royong menjaga kebersihan lingkungan. Agar penyakit DBD tidak menyebar luas akibat lingkungan maupun genangan-genangan air kotor yang semakin memperluas perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

“Mengingat DBD merupakan penyakit mematikan yang tidak boleh dianggap remeh, maka masyarakat harus menjaga kebersihan lingkungan di area sekitar rumah. Khususnya pada tempat-tempat yang menjadi tempat favorit perkembangan nyamuk. Kesadaran untuk menjaga lingkungan harus ditumbuhkan agar jumlah pasien akibat DBD dapat ditekan,” katanya. (adv/hms8)

 

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved